Notification

×

Iklan

Iklan

Edy Rahmayadi Dapat Gelar Kehormatan Sojuangon Perkasa Alam dari Parboha Sumut

27 Jul 2023 | 00:03 WIB Last Updated 2023-07-26T17:17:37Z

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mendapatkan gelar kehormatan dari Parasadaan Boru Harahap (Parboha)  

GREENBERITA.com - Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi mendapatkan gelar kehormatan dari Parasadaan Boru Harahap (Parboha)  bertempat di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara pada Selasa (25/7/2023).


"Suatu kehormatan bagi saya diberi gelar Sojuangon Perkasa Alam oleh Parsadaan Boru Harahap (Parboha), dan istri saya diberi gelar Namora Kartika Hasayangan pada acara Peringatan Hari Jadi (Milad) ke-2 Parsadaan Boru Harahap (Parboha), di Aula Tengku Rizal Nurdin (TRN) Rumah Dinas Gubernur, kemarin." ucap Edy Rahmayadi


Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara pada Selasa (25/7/2023).

"Dalam kesempatan ini, saya dan istri juga disuguhi acara adat manortor sebagai penghormatan dari persatuan Parboha kepada Gelar Mangaraja Sojuangon Perkasa Alam Nasution dan Gelar Namora Kartika Hasayangan." dengan penuh bahagia Edy menyampaikan apa yang dirasakan beliau.


"Bagi saya, inilah kearifan lokal di Sumut yang luar biasa. Kita jaga kehormatan dan peradaban ini, sebagai identitas dan tentu mempunyai ciri khas tersendiri." ucap Edy Rahmayadi .



"Selain keturunan dari para leluhur yang memang dilekatkan marga pada nama seseorang, gelar kehormatan juga diberikan kepada mereka yang melangsungkan pernikahan secara adat." sambung Edy Rahmayadi


"Sebagaimana saya sendiri, yang dinobatkan dengan marga Nasution sebagai penghormatan dan bagian dari adat. Jadi kedudukan marga dalam adat Mandailing sangatlah sakral." imbuh Gubernur Sumatra utara tersebut.


"Karena selain untuk menjaga garis keturunan, juga menjadi kebanggaan bagi kita yang harus dipertahankan dan dipelihara." lanjut Edy

Milad ke-2 Parsadaan Boru Harahap
"Saya ucapkan selama Hari Jadi (Milad) ke-2 Parsadaan Boru Harahap (Parboha), semoga sukses selalu dalam menjaga tradisi dan kebanggaan adat Mandailing."tulisan Edy Rahmayadi di facebook official beliau.
(GB-RizalDM)
.