Notification

×

Iklan

Iklan

Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-19, PMI Gelar Donor Darah di Kantor Bupati

26 Feb 2023 | 22:38 WIB Last Updated 2023-02-26T15:38:19Z

Guna meriahkan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-19, PMI Kabupaten Samosir membuka stand kegiatan Aksi Donor Darah




GREENBERITA.com- Guna memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Samosir membuka stand kegiatan Aksi Donor Darah.


Adapun Aksi Donor Darah PMI Samosir tersebut dilakukan di sela gelaran HUT kabupaten, tepatnya di halaman Kantor Bupati Samosir, Senin 27 Februari 2023.


Hal ini dibenarkan oleh Ketua PMI Samosir Pantas Maroha Sinaga pada Minggu, 26 Februari 2023.


"Benar, guna memeriahkan hari jadi Kabupaten Samosir, kita dari PMI Samosir membuka stand untuk Aksi Donor Darah," jelas Pantas Sinaga


Menurutnya, aksi donor darah ini sangat perlu untuk membantu sesama khusus nya di Kabupaten Samosir yang membutuhkannya.


"Namun, selain kita membantu sesama juga kita menolong diri sendiri karena donor darah sangat baik untuk kesehatan diri sendiri," jelas Pantas Sinaga yang juga Wakil Ketua DPRD Samosir ini


 Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Diri


Senada, Ketua Bidang Donor Darah PMI Samosir dr. Iwan Hartono Sihaloho menyampaikan bahwa Donor Darah ternyata selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh pendonor itu sendiri.


Iwan menyatakan mendonor sangat baik untuk kesehatan jantung bagi para penderita gangguan jantung. 


"Juga untuk para perempuan, sangat baik untuk kecantikan kulit karena donor darah mampu menunda penuaan diri serta menurunkan berat badan," ujarnya.


Berikut hal-hal yang baik dari kegiatan aksi donor darah, yaitu :


1. Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan adalah membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah bisa berbahaya, karena hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Zat besi yang berlebihan bisa menyebabkan oksidasi kolesterol.


Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sangat berpotensi terhadap serangan jantung dan stroke. 


Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.


2. Merangsang Produksi Sel Darah Merah

Selain zat besi, ternyata manfaat donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Anda tidak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi kembali sel darah merah yang hilang.


Setiap pendonor akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali Anda mendonorkan darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.


3. Membantu Menurunkan Berat Badan, 

Jika Anda sedang giat membakar kalori dalam tubuh, memilih untuk menjadi relawan pendonor darah adalah keputusan yang tepat. Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat mengurangi berat badan.


Meski begitu, mendonorkan darah seharusnya tidak menjadi alternatif berolahraga, kalori yang terbakar mungkin sebagai manfaat sesekali bagi beberapa orang.



(Gb-Ferndt01)