Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

Festival Sipinggan 2022, Sekda Samosir: Event Pariwisata Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat Lokal

Rabu, 28 Desember 2022, 12:59 WIB Last Updated 2022-12-28T05:59:37Z
GREENBERITA.com- Bupati Samosir melalui Pj Sekda Samosir Waston Simbolon membuka secara resmi event Festival Sipinggan di Desa Sipinggan, Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, (28/12/2022).

Menurut Waston Simbolon, Samosir sebagai bagian dari Kawasan Danau Toba telah ditetapkan pemerintah RI sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) telah mendapatkan dukungan dan perhatian istimewa melalui berbagai program pemerintah pusat berupa pembangunan dan pembenahan infrastruktur dan aksesibilitas serta amenitas.

"Bicara pembangunan pariwisata, ada 5 unsur penting yang sangat erat yaitu aksesibilitas,amenitas, atraksi,promosi dan pelaku pariwisata atau 3A dan 2P," jelas Waston Simbolon.

Sebagai Pemerintah di Kabupaten Samosir, dirinya menyatakan kewajiban pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Samosir yang sejahtera,mandiri dan berdaya saing secara kesehatan dengan pendidikan dan ekonomi berbasiskan pertanian dan pariwisata.

"Untuk itulah Pemkab Samosir mengembangkan pariwisata dengan melaksanakan beberapa event yang salah satunya adalah Festival Sipinggan yang diharapkan dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal melalui keterlibatan berbagai pelaku dan ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif," tambah Waston.

Saat ini pembangunan aksesibilitas telah mulai dinikmati rakyat Samosir seperti jalan raya ring road Samosir yang lebar dan mulus, kapal ferry, jembatan, bandara Silangit, jalan tol dari Medan menuju Parapat.

"Dulu sewaktu saya SMP ini belum ada, bahkan masih berkeliaran ternak dan kotorannya di jalanan, saat ini tidak terlihat lagi berkat pembangunan yang masif disertai kesadaran warga yang tinggi mendukung pembangunan," pungkasnya.

Event Festival Sipinggan di kecamatan Nainggolan dibuka Bupati Samosir melalui Pj Sekda Samosir Waston Simbolon, (28/12/2022)

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetty Naibaho melaporkan pelaksanaan event Festival Sipinggan ini merupakan program pemasaran pariwisata dengan sub kegiatan fasilitasi kegiatan pemasaran baik dalam dan luar negeri pariwisata.

"Program Festival Sipinggan ini merupakan rangkaian Horas Samosir Fiesta tahun 2022," ujar Tetty Naibaho.

Ada rangkaian event Festival Sipinggan ini berupa Lomba Volly, Vocal Solo Lansia, Marsiadu Doton Tarik, Story Telling, Lomba Foto Moment, Live Mural dan Local Talent Jamming serta adanya pelaku UMKM menjual produk nya dengan dihibur group band lokal.

Hadir memberikan sambutan Camat Nainggolan Tino Nainggolan, Danramil Nainggolan Erwin Sembiring, Kabid Usaha Pariwisata dan Kerjasama Jontiner Sinabutar dan Kapolsek Palipi AKP Daniel Aritonang beserta ratusan peserta dan masyarakat.


(Gb-Ferndt01)

Iklan