Tanpa Kehadiran Ketua DPRD dan Fraksi PDI-P, Apakah Paripurna Ranperda APBD Samosir 2023 Sah? -->

VIDEO

Tanpa Kehadiran Ketua DPRD dan Fraksi PDI-P, Apakah Paripurna Ranperda APBD Samosir 2023 Sah?

Jumat, 25 November 2022

Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon membuka skors rapat paripurna DPRD Samosir, (25/11/2022)

GREENBERITA.com- Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon membuka skors rapat paripurna DPRD Samosir guna membahas dan menyetujui Ranperda tentang APBD Samosir tahun 2023 pada Jumat, (25/11/2022) di Kantor DPRD Samosir, Pangururan, Sumatera Utara. 

Ketika membuka skors tersebut, hanya 16 Anggota DPRD Samosir yang hadir dari 25 Anggota DPRD Samosir minus 8 anggota DPRD Samosir dari Fraksi PDI-P DPRD Samosir.

Sidang dinyatakan status quorum sesuai dengan kehadiran 3/4 dari jumlah anggota DPRD Samosir yaitu 24 yang aktif minus satu meninggal dunia. 

Bahkan Ketua DPRD Samosir Sorta Siahaan tidak tampak hadir pada rapat paripurna DPRD Samosir guna membahas belanja masyarakat Kabupaten Samosir. 

"Saudara Ketua sampai skors ini di buka belum hadir tanpa ada surat pemberitahuan, dan kami sudah bertelepon dan menghubungi juga via WA, tapi tidak ada jawapan," ujar Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga. 

Ketika dikonfirmasi tentang keabsahan rapat paripurna DPRD Samosir tentang Persetujuan Ranperda APBD Samosir tanpa kehadiran Ketua DPRD dan Fraksi PDI-P, Sekwan DPRD Samosir Ricky Rumapea menyatakan sidang tetap sah dan dapat dilanjutkan. 

"Menurut Tatib DPRD Samosir, sidang DPRD Samosir tetap dapat dilanjutkan walau tanpa kehadiran Ketua DPRD Samosir dengan syarat telah quorum," jelas Ricky Rumapea. 

Ketika ditanyakan alasan ketidakhadiran Ketua DPRD Samosir dan Fraksi PDI-P, Ricky Rumapea mengatakan bahwa fraksi tersebut sedang membahas tanggapan perorangan. 

"Kita juga sudah komunikasi dengan Bu Ketua DPRD melalui telepon dan WA, tidak ada jawapan dan di grup WA DPRD Samosir juga telah kita undang untuk hadir, namun tidak ada jawapan," jelas Ricky Rumapea. 

Tampak Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon menskors sidang untuk makan malam sembari menunggu kehadiran Ketua DPRD Samosir serta para Anggota Fraksi PDI-P DPRD Samosir. 


(Gb-Ferndt01)

Loading...