Diwarnai Fashion Show, Kadisbudpar Samosir Launching Yogurt Susu Horbo 'Yosuho' Huta Tinggi -->

VIDEO

Diwarnai Fashion Show, Kadisbudpar Samosir Launching Yogurt Susu Horbo 'Yosuho' Huta Tinggi

Selasa, 01 November 2022

GREENBERITA.com- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir Tetti Naibaho melakukan Launching produk UMKM asli Desa Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan, Sumatra Utara pada Sabtu, (29/10/2022).

Diwarnai Fashion Show lintas generasi, Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir dan Kadis Koperindag Samosir Rista Sitanggang menyatakan Yogurt Yosuha merupakan kreativitas pemuda Huta Tinggi dan produk kearifan lokal yang berasal dari fermentasi Susu Kerbau. 

"Yosuha yang merupakan fermentasi dari Susu Kerbau, adalah ternak asli Desa Huta Tinggi yang secara turun temurun dibiakkan oleh masyarakat disini," ujar Tetti Naibaho. 

Desa Huta Tinggi adalah salah satu dari 50 Desa Wisata Indonesia yang secara resmi telah ditetapkan oleh Menteri Pariwisata, Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno beberapa waktu yang lalu. 

"Yogurt Yosuha yang punya berbagai rasa ini dikembangkan para anak muda kreatif disini, dan akan langsung diajukan proses perijinan PRT nya dari Dinas Koperindag sehingga dapat segera dinikmati masyarakat Indonesia dan bahkan ke mancanegara," tegas Tetti Naibaho. 

Anggota DPRD Samosir Parluhutan Samosir mengapresiasi kreativitas anak muda Desa Huta Tinggi menginisiasi produk yang berasal dari kearifan lokal yaitu Susu Kerbau, ternak khas Desa Huta Tinggi. 

"Saya tadi sudah nikmati, sungguh nikmat dan sedikit masukan saya mungkin perlu ditingkatkan dalam hal aroma sehingga semakin menaikkan minat orang lain untuk mengkonsumsi nya," ujar Parluhutan Samosir. 

Seluruh peserta dari berbagai stakeholder bersama Launching Yogurt Yosuha dari bahan Susu Kerbau Alami, (29/10/2022)

Dirinya melihat ada peluang tinggi Yosuha untuk bukan hanya dikonsumsi masyarakat Indonesia, juga mancanegara karena nama produk Yosuha sangat familiar dengan bahasa di Negeri Sakura Jepang. 

"Karena itu, sebagai Anggota DPRD Samosir, saya siap membantu dalam badan anggaran bila ada alat produksi yang hendak diajukan kepada pemerintah, lebih cepat lebih baik sehingga bisa langsung diakomodir," ujar Parluhutan Samosir. 

Terpisah, Penggiat Sosial, Budaya dan Pariwisata Samosir Ria Gurning memberikan apresiasi khusus untuk para anak muda kreatif dari Samosir khususnya Desa Huta Tinggi. 

"Kebetulan saya putri asli Desa Huta Tinggi, kreativitas ini sungguh luar biasa, dan bila produk ini sudah semakin baik dalam peningkatan rasa dan aroma serta perijinan, saya akan ikut serta membantu pemasaran dengan jaringan yang kita miliki," ujar Ria Gurning. 

Kadis Koperindag Samosir Rista Sitanggang secara spontan mengatakan siap bersinergi membantu perijinan PRT Yogurt Yosuha ini. 

"Sebagai pembina dan pendorong perkembangan produk UMKM di Samosir, kami siap merespons pengajuan pengelola produk Yosuha ini, karena ini sungguh potensial untuk pengembangan ekonomi rakyat di Desa Huta Tinggi," ujar Rista Sitanggang. 

Usai acara Launching Yosuha, juga digelar berbagai acara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Samosir. 

"Acara Launching Yosuha ini juga dirangkai acara Senam Pagi, Bazaar kuliner lokal, lomba Kerajinan Tangan, Fashion Show Kaum Ibu Muda, Volley, Fashion Show Anak, Fashion Show Opung Boru, Lomba Nyanyi Ama Parlapo Huta Tinggi," ujar Kepala Desa Huta Tinggi Pergaulan Silalahi, SH. 

Menurut Pergaulan, kegiatan pesta rakyat ini diyakini semakin meningkatkan minat kunjungan ke desa nya. 

"Kami akan melakukan ini dengan rutin, kami yakin ini dapat menarik wisatawan lebih banyak ke Desa Huta Tinggi," ujar Pergaulan Silalahi. 

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Camat Pangururan Robintang Naibaho, Perwakilan Astra Daniel Nainggolan, pelaku wisata kuliner serta ribuan warga. 

(Gb-Aksel02)

Loading...