Gandeng HKBP dan UEM, Solidarity YSKI Bantu Korban Gempa Tapanuli Utara -->

VIDEO

Gandeng HKBP dan UEM, Solidarity YSKI Bantu Korban Gempa Tapanuli Utara

Green Berita
Rabu, 19 Oktober 2022

Tim YSKI bersama Departemen Diakonia HKBP Berikan Bantuan semen dan lainnya kepada Korban Gempa, Tapanuli Utara, Rabu (19/10/2022)


GREENBERITA.com-
Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) menggandeng Departemen Diakonia HKBP mendistribusikan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa bumi beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Tapanuli Utara.



Seluruh bantuan ditempatkan di Posko Diakonia Bersama, HKBP Lumban Baringin, Sipoholon, Tarutung mulai Rabu, (19/10/2022). 


Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Kepala Departemen Diakonia HKBP Pdt Debora Sinaga, M.Th dalam rilis yang diterima greenberitacom. 


"YSKI merupakan Yayasan yang berangkat dari iman percaya akan kasih Kristus yang datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan menjadi tebusan bagi banyak orang (Markus 10:45) serta ajakan untuk perduli kepada saudara-saudari kita yang terpinggirkan (bnd. Matius 25:40)," ujar Pdt Debora Sinaga. 


Berangkat dari iman itulah, Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) tergerak untuk meniru kasih yang Kristus telah tunjukkan dalam keperduliannya terhadap setiap orang yang kurang beruntung termasuk warga masyarakat yang terdampak gempa pada 01 Oktober 2022 yang lalu di wilayah Tapanuli. Gempa itu telah menyebabkan 113 Gedung Gereja wilayah Tapanuli, mulai dari Distrik Silindung, Humbang Habinsaran dan Humbang mengalami kerusakan demikian juga 1.466 rumah mengalami kerusakan (data relawan posko Diakonia Bersama, selama 2 hari, per tanggal 12-13 Oktober 2022, red).  


"Bahkan bagi warga masyarakat yang rumahnya mengalami rusak berat sehingga tidak bisa dipakai terpaksa tinggal bersama keluarga dan ada juga keluarga-keluarga yang terpaksa meninggalkan rumah dan membuat tenda di depan rumahnya karena masih ada rasa takut dalam diri mereka akan adanya gempa-gempa susulan lainnya," jelas Pdt Debora Sinaga. 


Bantuan semen dari YSKI didistribusikan kepada masyarakat korban gempa Taput, (19/10/2022)


Berangkat dari suasana menyedihkan dan memilukan ini, terlebih pengalaman gempa 87 an yang belum lagi sirna dalam ingatan masyarakat inilah yang membuat Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) bergerak cepat dengan mencoba melakukan proses pemulihan bukan hanya yang dilakukan Posko Diakonia Bersama lewat trauma healing dan psycho edukasi, juga lansung dalam bentuk aksi memberikan dalam bentuk semen di mana sejumlah 113 gereja yang terdampak bencana berat, sedang dan ringan masing-masing memperoleh bantuan 50 sak semen yang penyalurannya melalui 2 tahapan yaitu tahap pertama diperuntukkan untuk 76 gereja terdampak dan selebihnya 37 gereja pada tahap ke-2. 


"Penyerahan langsung dilakukan YSKI kepada pimpinan gereja yang terdampak," tambahnya. 


Bantuan Air Bersih juga diberikan kepada masyarakat yang masih mengungsi di tempat penampungan, (19/10/2022)


Menurut rencana,  tanggal 20 Oktober 2022 YSKI juga akan melakukan bakti sosial ke Posko HKBP di Hutatinggi yang diperuntukkan bagi 7 desa yang terdampak bencana gempa jumlahnya sekitar 20 gereja-gereja di 6 Desa. Bantuan tersebut dalam bentuk 200 selimut, 2.000 btl vitamanin untuk anak, 1.000 bungkus pembalut, 6.000 batang sabun mandi, 1.000 kotak susu balita, 300 kotak susu ibu hamil, 1.000 butir vitamin Hi C 1.000 sebanyak 1.000 btl, serta beras 100 zak. Penyerahan bantuan semen dilaksanakan di Posko Diakonia Bersama anggota-anggota gereja Sekber UEM yang diketuai Bpk. Pdt. Deddy Fajar Purba (Ephorus GKPS) dengan anggota gereja HKBP, HKI, GKPI, GKPM, GBKP, GKPS, BNKP, GPKB, GKPPD, GKLI, GKPA dan GPP. 


Solidaritas YSKI ini diinisiasi oleh Pembina Utama YSKI Pdt. Bambang R Yonan, Pdt. Edy Prayitno Pembina serta Dr. R.E. Nainggolan sebagai penasehat dan tim kerja  yang solid bersama Husni dan Drg. Anita serta Jadi Pane. 


Hadir pada kegiatan tersebut, para pimpinan Gereja-Gereja UEM yaitu Sekjend GKPI, Korwil GKPI, Praeses HKI. 


Sedangkan penyerahan donasi semen diterima Pdt Debora Purada Sinaga yang mewakili Ketua Sekber UEM sebagai penanggung jawab Posko, sekaligus mewakili Ephorus HKBP. 


Para pimpinan gereja yang hadir tampak bersukacita dan pulang dengan penuh haru karena apa yang dilakukan YSKI juga menjadi tiruan yang perlu dilakoni gereja-gereja lainnya di Tapanuli Utara khususnya dan Gereja lainnya di Indonesia. 


"Seperti Firman Tuhan dalam Galatia 6:2, Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu, demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus" pungkas Pdt Debora Sinaga.


(Gb-ferndt01)

Loading...