Latih PMR Samosir, Dr Iwan Sihaloho: Sebelum Menolong, Perhatikan Keadaan Korban dan Lokasi -->

VIDEO

Latih PMR Samosir, Dr Iwan Sihaloho: Sebelum Menolong, Perhatikan Keadaan Korban dan Lokasi

Kamis, 01 September 2022

GREENBERITA.com- Palang Merah (PMI) Samosir secara resmi membuka kegiatan Pelatihan Pembina Palang Merah Remaja (PMR) dan Pelatihan PMR beberapa sekolah se-Kabupaten Samosir di Aula SMA 1 Pangururan, 1-3 September 2022.

Pada pelatihan tersebut, narasumber dari pengurus PMI Samosir dr Iwan Hartono menyampaikan materi tentang 'Pemahaman PMR Samosir dalam Memahami Pertolongan Pertama Kesehatan Sekolah'. 

"Sebelum melakukan pertolongan pertama, petugas dari PMR harus melihat dulu keadaan korban dan lokasi korban sebelum melakukan pertolongan pertama," jelas Dr Iwan Hartono. 

Menurutnya, penilaian dini harus dipahami seorang PMR untuk mengetahui apakah seorang korban adalah merupakan kasus trauma atau medis. 

"Jika kasus trauma, lihat luka yang terjadi, memar, patah tulang dan lainnya, dan kalau kasus medis periksa kesadarannya dan pastikan jalan napas terbuka dengan baik," jelas Dr Iwan Hartono. 

Sebelumnya, Ketua PMI Samosir Pantas Sinaga berpesan kepada 29 peserta dari 8 (delapan) sekolah tingkat SLTA untuk menjadi seorang penyelamat pertama di lingkungan sekolah dan rumahnya ketika terjadi bencana dan kecelakaan. 

"Jadilah orang pertama penyelamat di sekolah dan lingkungan rumah nya ketika terjadi bencana maupun kecelakaan sebelum korban dibawa ke rumah sakit terdekat," ujar Pantas Sinaga. 

Dia berpesan, 29 calon PMR beberapa sekolah yang hari ini sebagai peserta pelatihan kepalangmerahan dapat menjadi ToT (Training of Trainer) disekolah masing-masing. 

"Selama 3 hari ini, para calon PMR beberapa sekolah ini akan dilatih menjadi PMR kedepannya, saya berharap guru pendamping dapat segera membentuk PMR disekolah masing-masing dengan memberdayakan adek-adek yang ikut hari ini menjadi trainer bagi siswa lainnya," tegas Pantas Sinaga. 

Terpisah, salah satu perwakilan guru pendamping menyatakan apresiasi atas kegiatan Pelatihan Pembina Palang Merah Remaja (PMR) dan Pelatihan PMR beberapa sekolah se-Kabupaten Samosir ini. 

"Kita menyampaikan terimakasih dan menyatakan kesiapan untuk membentuk PMR disekolah kami masing-masing kedepannya, dan kepada narasumber PMI Sumut, kiranya dapat memberikan materi terbaik," ujar Budi Sakti Gultom dari SMA Sianjurmula. 

Hadir juga para guru dari guru pembina PMR dari SMA St Mikhael Pangururan Ferdinandus Pakpahan, S. Ag, Azis Bachtiar Simbolon dari SMA 2 Pangururan, Heni Sitinjak dari SMK Negeri 1 Simanindo, Intan Afnita Sidabutar dari SMAN 1 Simanindo, Iunita Simanjuntak dari SMAN 1 Sitiotio, Medina Simbolon dari SMAN 1 Pangururan dan Paul Hutauruk dari SMA HKBP Pangururan

Sebagai narasumber hadir pengurus PMI Sumatera Utara dan PMI Samosir yaitu Sinta Agnes Mauly Tamba, Tulus Tampubolon, Dr Iwan Hartono Sihaloho serta sebagai pembanding Drg Subarta Sagala dan Rudi Simbolon serta Moderator Fernando Sitanggang. 

(Gb-Aksel02)

Loading...