Gelar Musyawarah Kerja 2022, DR Rahmat Shah: PMI Sumut 3 Terbaik di Indonesia -->

VIDEO

Gelar Musyawarah Kerja 2022, DR Rahmat Shah: PMI Sumut 3 Terbaik di Indonesia

Greenberita.com
Sabtu, 25 Juni 2022

Ketua PMI Sumut Dr Rahmat Shah Ajak pengurus dan relawan untuk terus berbagai informasi dan kebaikan bagi sesama

GREENBERITA.com- 
Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sumatera Utara menggelar Musyawarah Kerja Provinsi (Muskerprov) Tahun 2022 PMI Sumatera Utara (Sumut) yang dilaksanakan di Pancur Gading Hotel and Resort Jl. Kuala Simeme, Kelurahan Pamah, Kecamatan Delitua, Kabupaten Deliserdang, Jumat, 24-25-26 Juni 2022.


Ketua PMI Provinsi Sumut, DR H Rahmat Shah menyampaikan bahwa Muskerprov merupakan amanat Anggaran Dasar/Rumah Tangga (ADRT) PMI dan agenda tahunan untuk membahas

program kerja juga melakukan evaluasi kinerja pada tahun sebelumnya, sekaligus menggalang aspirasi dan komitmen dalam rangka penguatan kapasitas dan kinerja organisasi PMI di berbagai tingkatan sepanjang 2022.


“Saya hanya berpesan untuk kelancaran kegiatan ini, jangan pelit dan miskin komunikasi dan informasi. Itu salah satu jalan pintas untuk keberhasilan dan kemudahan-kemudahan, bergerak bersama segenap komponen bangsa, pemangku kepentingan, pemerintah, korporasi, lembaga sosial, TNI/Polri," ujar Dr Rahmat Shah. 


Menurutnya, berkat kebersamaan saat ini PMI Sumut mampu menjawab tantangan Ketua PMI Pusat Bapak H Jusuf Kalla soal stok kantong darah. 


"Alhamdulillah, PMI Sumut saat ini juga menjadi tiga terbaik di Indonesia,” ucap Rahmat Shah disambut tepukan peserta. 


Rahmat Shah juga berpesan kepada seluruh pengurus PMI kabupaten/Kota selalu memberi bantuan, perhatian juga kepedulian tinggi sejak Covid-19, Omnicorn juga wabah yang sedang ramai saat ini.

Ketua PMI Sumut Lakukan penandatanganan MoU dengan PT Pos Wilayah Sumut, Korpri, PT Sumut Sibisa Mapan Bumi dan BBKSDA Sumut.


“Mengabdi tanpa pamrih selama 24 jam dengan perangkat penuh untuk membantu pihak manapun yang membutuhkan. Semoga kita bersama dapat mengatasi berbagai permasalahan di Republik Indonesia ini,terkhusus masalah kemanusiaan,” tukasnya.


Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, H. Muhammad Muas, SH dalam arahannya pada pembukaan Muskerprov PMI Sumut mengapresiasi kehadiran unsur TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang merupakan mitra Palang Merah dari kalangan pengusaha. 


"Karena memang TNI adalah mitra Palang Merah sesuai amanat Undang Undang Nomor 1 Tahun 2019 dan Peraturan Pemerintah nomor 7 Tahun 2019 dalam menjaga kedaulatan negara," ujar 

Ketua Bidang Organisasi PMI Pusat, H. Muhammad Muas. 


"Sebagaimana hasil musyawarah kerja nasional (Muskernas), Muskerprov bukan untuk sebuah koalisi politik melainkan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tambah Muhammad Muas, SH. 


Muas juga mengingatkan jika PMI yang lahir 1 bulan setelah kemerdekaan Republik Indonesia (17September 1945) menjalankan 77 tahun pengabdian berdasarkan Undang Undang Dasar (UUD) 1945 dan semangat sila kedua Pancasila. "Juga mengacu pada Konsesi Jenewa yang telah diratifikasi pemerintah Indonesia sebagai syarat menjadi negara berdaulat," tegasnya. 


Karena itu, Muas berharap musyawarah kerja ini dapat melahirkan program kerja yang dapat bermanfaat di tengah-tengah masyarakat yaitu di bidang pelayanan darah, kemanusiaan dan sosial lainnya.


Sementara itu, Ketua Muskerprov PMI Sumut, Dr. M. Fitri Rahmadana, SE., M.Si melaporkan, Muskerprov Tahun 2022 PMI Sumut diikuti 25 Pengurus PMI Kabupaten/Kota dan 13 Unit Donor Darah (UDD).


Muskerprov sendiri dibuka langsung oleh Gubernur Sumut yang diwakili Direktur RS Haji dr Rehulina Ginting.


Dalam sambutannya, gubernur mengatakan PMI merupakan salah satu asset bangsa di bidang kemanusiaan. Karenanya, gubernur meminta pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan kepalangmerahan.


“PMI Sumut telah memberi kontribusi dalam mendukung program pemerintah baik pelayanan darah, bencana dan peningkatan sumber daya manusia sebagaimana 7 prinsip

palang merah yang memiliki makna penting dan strategis,” ucapnya.


Pembukaan Muskerprov Tahun 2022 PMI Sumut ditandai dengan penandatanganan kerjasama (MoU) antara PMI Sumut dengan PT Pos Wilayah Sumut, Korpri Sumut, PT Sibisa Mapan Bumi Sumut dan

BBKSDA Sumut.


Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Sumut diwakili Direktur RS Haji, dr Rehulina Ginting, Dewan Kehormatan PMI Sumut, Batalyon Armed, Batalyon Infanteri Rider 100/PS, PT Pos Wilayah Sumut, Korpri Sumut, PT Sibisa Mapan Bumi Sumut, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, pengurus dan jajaran relawan.



(Gb-ferndt01)

Loading...