Kades Parmonangan Gelar Pelatihan Pupuk Organik, Wabup Samosir: Dorong Petani Lebih Kreatif dan Inovatif -->

VIDEO

Kades Parmonangan Gelar Pelatihan Pupuk Organik, Wabup Samosir: Dorong Petani Lebih Kreatif dan Inovatif

Greenberita.com
Selasa, 24 Mei 2022

Keterangan photo:
Wakil Bupati Samosir Aperiasi Kades Parmonangan atas kegiatan pelatihan pembuatan pupuk cair dan padat (24/5/2022)


SAMOSIR.GREENBERITA.com -
Pemerintah Desa Parmonangan, Kecamatan Simanindo menggelar pelatihan pembuatan pupuk cair dan padat di Komplek SD Negeri 13 Lontung, Desa Parmonangan, Selasa (24/5/2022). 


Menyikapinya, Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM memberika apresiasi sembari menyatakan pelatihan ini akan mendorong petani untuk lebih inovatif dan kreatif. 


Hadir pada pelatihan tersebut para masyarakat petani Desa Parmonangan serta Camat Simanindo Hans R. Sidabutar, Dinas Ketapang dan Pertanian, PPL Pertanian, Narasumber Pastor Sabat Nababan, CMF, dan seluruh warga Desa Parmonangan.


Dalam pernyataannya, Kepala Desa Parmonangan Gimbet Situmorang mengatakan dana kegiatan ini bersumber dari Alokasi Dana Desa berdasarkan hasil  kesepakatan musyawarah, dimana telah diprogramkan Desa Parmonangan Menuju Pertanian Organik, dengan alokasi anggaran sebesar 20% yaitu sekitar Rp. 142.000.000,.


"Dari dana tersebut, selain pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan padat, juga dilakukan pengadaan bibit unggul jagung dan padi, pengadaan bibit kopi, pengadaan bibit ternak babi dan budidaya ikan kolam darat," ujar Gimbet Situmorang. 


Sementara itu, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang menyatakan lebih 83 persen penduduk Samosir hidup dari sektor pertanian, karenanya kegiatan tersebut sangat tepat dalam mendorong petani untuk lebih inovatif dan kreatif. 


"Sehingga ada nilai tambah hasil panen dengan memanfaatkan pupuk organik, yang muaranya dapat mewujudkan kedaulatan pangan di Samosir," ujar Martua Sitanggang. 


"Maka pergunakanlah kesempatan ini, untuk belajar bagaimana mengolah dan membuat pupuk organik yang sangat bermanfaat terutama dalam memperbaiki struktur tanah, sehingga hasil panen pun meningkat", tambahnya, 


Menurutnya, seluruh program pembangunan pemerintah adalah semata mata untuk kesejahteraan masyarakat. "Oleh karenanya pemerintah bersama masyarakat harus bergerak bersama-sama dalam menggerakkan roda pembangunan, sehingga kedepan program itu berjalan baik dan tepat sasaran," pungkas Martua Sitanggang. 


(Gb-andreyregar05)

Loading...