Didepan Para Sintua HKBP, Bupati Samosir Beberkan Dukungan Hibah Kepada Gereja -->

VIDEO

Didepan Para Sintua HKBP, Bupati Samosir Beberkan Dukungan Hibah Kepada Gereja

Greenberita.com
Jumat, 08 April 2022

Ephorus HKBP Apresiasi Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom, (8/4/2022)

SAMOSIR.GREENBERITA.com -
Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir pada tahun 2022 telah mengalokasikan anggaran hibah ke Gereja HKBP


Pernyataan tersebut disampaikan ketika menjadi narasumber pada kegiatan Pemberdayaan Sintua HKBP Distrik VII Samosir di Hotel Vantas, Sialanguan, Kecamatan Pangururan pada Jumat, 08 April 2022.


"Tahun 2022, Pemkab Samosir telah alokasikan anggaran hibah kepada beberapa unit Gereja HKBP di Samosir sebagai bentuk perhatian Pemkab Samosir," ujar Vandiko Gultom. 


Adapun beberapa Gereja HKBP tersebut adalah HKBP Distrik VII Samosir, Pembangunan Gereja HKBP Tamba, Pembangunan Gereja HKBP Janji Maria Dolok Resort Simbolon, Pembangunan Gereja HKBP Pintu Batu Resort Onan Baru, Pembangunan Gereja HKBP Sihotang II dan Pembangunan Rumah Dinas Pendeta HKBP Sitamiang Onan Runggu. 


"Kami berharap kepada seluruh stakeholder pembangunan khususnya HKBP beserta penatua-penatuanya untuk bekerjasama secara kolaboratif dalam mendukung pelaksanaan program pembangunan yang tentunya juga akan berdampak terhadap kesejahteraan warga jemaat HKBP di Kabupaten Samosir," ujar Vandiko Gultom. 


Sebelumnya diberitakan, Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom juga menyatakan bahwa Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) merupakan bagian integral dari sistem pemerintahan khususnya pemerintah daerah. 


"HKBP sebagai bagian integral dari sistem pemerintahan yang senantiasa turut mendukung setiap program dari pemerintah khususnya pemda dan telah berkontribusi dalam pembangunan manusia," ujar Vandiko Timotius Gultom. 


Menurutnya, kehadiran HKBP beserta seluruh programnya sangat menguntungkan pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan sebagai pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. 


"Kegiatan pemberdayaan sintua HKBP Distrik VII Samosir hari ini selaras dengan tugas Pemda dalam hal pemberdayaan warga jemaat yang juga merupakan bagian dari masyarakat Samosir," Tambah Vandiko Gultom. 


Bupati Samosir juga berharap kegiatan pemberdayaan sintua HKBP menghasilkan penetua-penetua Gereja HKBP yang dapat menguatkan dan memperkokoh iman warga jemaat khususnya masyarakat Samosir. 


"Serta terampil dalam menjawab kebutuhan jasmani sebagaimana Kristus yang telah memberikan teladan," harapnya. 


Sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia, Samosir mempunyai tantangan yang sangat besar sebagai hasil dari keberadaan destinasi pariwisata tersebut. 


"Inseminasi budaya luar dan kemajuan teknologi mempunyai potensi besar akan menggerus nilai-nilai budaya lokal yang selama ini kita lestarikan di Samosir sebagai titik nol peradapan budaya Batak," jelasnya. 


Dengan bangga Bupati Samosir Vandiko Gultom menyatakan visi pembangunan Samosir yaitu "Terwujudnya Masyarakat Samosir Sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan Pendidikan", seperti tertuang dalam Perda Samosir nomor 3/2021.


Turut memberikan materi adalah narasumber Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon, SH., MH. 


Turut hadir dalam acara tersebut Ompui Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Praeses HKBP Distrik VII Pdt Rein Justin Gultom serta Pengurus HKBP dari Pea Raja Tarutung. 


(Gb-ferndt 01)

Loading...