Lakukan Reses ke Samosir, Lamhot Sinaga Inisiasi Pelatihan Wirausaha Industri Kecil Menengah -->

VIDEO

Lakukan Reses ke Samosir, Lamhot Sinaga Inisiasi Pelatihan Wirausaha Industri Kecil Menengah

Greenberita.com
Rabu, 09 Maret 2022


SAMOSIR.GREENBERITA.com-
Guna mendukung berkembangnya para wirausahawan baru (enterpreneur) di Samosir, sekaligus meningkatkan kapasitas pelaku industri kecil menengah (IKM) di daerah pemilihannya, anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Golkar Lamhot Sinaga memfasilitasi kegiatan pelatihan wirausaha di Hotel BTS, Parbaba, Kabupaten Samosir, pada Rabu, (9/3/2022). 


"Kegiatan ini adalah bentuk kepedulian kami dalam peningkatan ekonomi, serta terus mendukung berkembangnya para pelaku usaha baru di Samosir, khususnya di bidang IKM, ” kata Lamhot Sinaga. 


Secara resmi Lamhot Sinaga membuka resmi pelatihan wirausaha ini yang juga dihadiri Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang dan perwakilan Kemenperin Erickson Sinaga, Kadis Kopnakerperindag Rista Sitanggang dan anggota DPRD Fraksi Golkar Samosir.


"Terlaksananya bimbingan teknis (bimtek) penumbuhan wirausaha baru ini, merupakan kerjasama kita dengan Kementerian Perindustrian RI, sehingga harus dimanfaatkan dengan baik, " Tegasnya. 



Adapun Bimtek bagi pelaku IKM di Samosir akan berlangsung selama empat hari yakni dari tanggal 9 – 12 Mmaret 2022.


Lamhot Sinaga menjelaskan, Kemenperin selaku salah satu mitra kerja Komisi VII DPR RI menggelar bimtek di 50 wilayah kabupaten dan kota seluruh Indonesia, salah satunya di kabupaten Samosir.


Disamping pariwisata karena Samosir berada ditengah-tengah Danau Toba, Samosir juga memiliki potensi lain yang luar biasa dan harus dikembangkan yakni pertanian dan kerajinan.


”Harapan kami setelah kegiatan ini menghasilkan wirausaha baru di Samosir, ke depan masih banyak lagi program dari Kemenperin yang bisa diaktualisasikan di Kabupaten Samosir. Jadi, tidak berhenti hanya di pelatihan saja, ”  ujar Lamhot Sinaga.


Sementara itu, Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang mengatakan, sebagai daerah tujuan wisata produk IKM di Samosir menjadi penting untuk disajikan, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.


Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bidang IKM di Samosir berkembang dan membantu menyerap tenaga kerja, sekaligus meningkatkan perekonomian.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, kaminmengapresiasi kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas pelaku IKM di Samosir yang dinisiasi Lamhot Sinaga bekerjasama dengan Kemenperin ini," pungkas Martua Sitanggang. 


(Gb-pardo23)

Loading...