Seminar Sustanaible Tourism, Kadis Pariwisata Samosir: Aksi Kebersihan Objek Wisata Prioritas Kami -->

VIDEO

Seminar Sustanaible Tourism, Kadis Pariwisata Samosir: Aksi Kebersihan Objek Wisata Prioritas Kami

Greenberita.com
Jumat, 18 Februari 2022


SAMOSIR, GREENBERITA.com -
Bupati Samosir yang diwakili Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tetti Naibaho, S,Sos mengikuti Seminar Sustanaible Tourism yang diselenggarakan oleh PT IndonesiaWISE bekerja sama dengan PENTAHELIX PARIWISATA (Academy, Business, Community, Governor, Media), bertempat di Prime Plaza Hotel, Deli Serdang, Sumatera Utara, Kamis (17/2/2022).


Sebagai panelis, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir Tetti Naibaho, S.Sos menyampaikan program yang sudah dan tengah digalakkan Pemkab Samosir terutama Aksi Kebersihan Lingkungan di setiap Kecamatan, aksi kebersihan di Objek Wisata serta himbauan melalui sekolah-sekolah dan Kampanye pengurangan penggunaan air mineral kemasan dan selalu membawa botol minum kemana saja. 


"Hal ini juga sebagai dukungan untuk menjaga Samosir sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas dan wilayah Toba Caldera UNESCO Global Geopark," ujar Tetti Naibaho.


Sementara itu, President Direktur PT IndonesiaWISE, Amol Titus, mengatakan bahwa seminar ini bertujuan agar pariwisata di Sumut dapat berkembang dan dikenal hingga manca negara. 


"Secara khusus seminar ini juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan wadah plastik di hotel, restaurant, kegiatan Rapat Perkantoran, desa wisata, objek Wisata, serta melakukan Edukasi dan kampanye Berkelanjutan tentang minimalisasi sampah plastik," ujar Amol Titus.


Menurutnya, IndonesiaWISE telah melakukan penelitian komprehensif selama bertahun-tahun yang salah satunya penelitian dalam mengembangkan pariwisata di Provinsi Sumatera Utara. 


"Untuk itu, IndonesiaWISE menggelar seminar bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di Sumut," jelas Amol Titus.


Sebagai masukan dari PT IndonesiaWISE untuk Kabupaten Samosir diharapkan mampu menyediakan toilet bersih dan pengelolaan sampah, termasuk toilet dan ruang penumpang Kapal kayu dan Kapal penyeberangan yang saat ini masih kurang bersih.


PT IndonesiaWISE juga memberikan rekomendasi untuk Samosir agar edukasi dan kampanye minimalisasi wadah plastik diteruskan, serta mendorong para pelaku UMKM menggunakan kemasan non plastik (zero waste)



(Gb-ferndt01)

Loading...