Pemkab Samosir dan Mapala UI Gelar Vaksinasi Booster di Tuktuk Siadong -->

VIDEO

Pemkab Samosir dan Mapala UI Gelar Vaksinasi Booster di Tuktuk Siadong

Greenberita.com
Jumat, 28 Januari 2022

Pelaksanaan Bakti Sosial Vaksinasi Booster yg di selenggarakan  oleh Kemntrian kesehatan, FK USU dan MAPALA UI di Gedung Kesenian Tuktuk Siadong kecamatan Simanindo (28/1/2022)

SAMOSIR, GREENBERITA.com -
Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang menghadiri kegiatan Vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia pada Jumat, (28/1/2022).


Mapala UI merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di bawah lingkup Universitas Indonesia yang bergerak dalam bidang kegiatan alam bebas.


"Mapala UI  ingin terus menemukan pengetahuan dalam alam bebas dan membagikannya dengan orang lain, sehingga Pandemi Covid-19 tidak menjadi hambatan  untuk tetap aktif bergiat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang disarankan demi mencegah penyebaran virus COVID-19," tegas Kartini Panjaitan.


Guna mensukseskan Program Vaksinasi Nasional yang diselenggarakan pemerintah, Mapala UI berkolaborasi dengan Kementrian Kesehatan, Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara sambil berkontribusi untuk terciptanya herd immunity pada masyarakat khususnya.


"Pulau Samosir sebagai daerah destinasi wisata  mancanegara merupakan daerah prioritas  kegiatan baksos vaksinasi booster ini, yang tentunya didukung FK USU dan Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir yang bersedia memfasilitasi terlaksananya Baksos vaksinasi ini," tambah Kartini Panjaitan Syahrir, anggota senior Mapala UI yang pernah menjadi ketua Mapala UI periode 1974 dan saat ini adalah ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara.


Vaksin berasal dari RS USU dengan jenis Astra Zeneca sebanyak 6.000 dosis untuk dosis 2 dan booster serta Vaksinasi dilaksanakan di 12 puskesmas di Samosir.


Sementara itu, Wakil Bupati Samosir menyatakan hasil studi menunjukkan telah terjadi penurunan Antibodi 6 bulan setelah mendapatkan Vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap sehingga dibutuhkan pemberian Dosis lanjutan/Booster.


"Vaksinasi Covid 19 booster adalah vaksinasi setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap yang ditujukan mempertahankan tingkat kekebalan serta perpanjang masa perlindungan dengan sasaran vaksinasi booster adalah masyarakat usia 18 tahun keatas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya," ujar Martua Sitanggang.


Dia berharap melalui baksos Vaksinasi Booster yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Samosir bersama dengan Mapala UI, Fakultas Kedokteran USU mendapat dukungan dari semua pihak.


"Saya bangga acara ini berjalan dengan baik sesuai target yang ditentukan sehingga tercapai kekebalan kelompok di Masyarakat," jelas Martua Sitanggang.


(Gb-ferndt01)

Loading...