Notification

×

Iklan

Iklan

Vandiko Gultom Minta Lembaga Adat Jaga Samosir Sebagai Pusat Peradaban Batak

23 Okt 2021 | 09:52 WIB Last Updated 2021-10-23T02:52:55Z

Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom

SAMOSIR, GREENBERITA.com
- Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom minta Lembaga Adat yang baru terpilih untuk menjaga dan tetap menjadikan Samosir sebagai pusat peradaban Batak.


Pernyataan tersebut disampaikan Vandiko Gultom ketika melantik kepengurusan Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir periode 2021-2026 di Hotel Tyesza, Kecamatan Simanindo, Sumatera Utara pada Selasa 19 Oktober 2021. 


Musyawarah bersama Lembaga Adat tingkat kecamatan dan seluruh peserta sepakat membentuk dan memilih susunan kepengurusan  Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Bupati Samosir Nomor 215 Tahun 2021 tanggal 19 Oktober 2021.


Adapun pengurus Lembaga Adat ini dengan komposisi sebagai berikut,


Majelis Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir Diketuai oleh Pantas Marroha Sinaga dengan

Anggota Ober Gultom, Marhuale Simbolon, Sahat Siringo-ringo, Eben Ezer Situmorang. 


Sebagai Dewan Adat dan Budaya Partungkoan Adat Samosir, terpilih Ketuanya Mac Donald Situmorang, dengan anggota Bernat Sidabutar, Tumpal Simbolon, Jefri Butarbutar, Toman Parhusip, Tumpak Situmorang, Jamanaek Nadeak, Loker Tamba, Jabela Malau dan Marudut Sinaga. 


Dan Lembaga Adat dan Budaya Partungkoan Adat Kabupaten Samosir terpilih sebagai

Ketua Umum adalah Batahan Siringoringo, SE, MM, dibantu oleh Ketua Harian Mangiring Naibaho,

Wakil Ketua Martua Simbolon,

Sekretaris Umum Melani Butarbutar,

Sekretaris I, Marizal Rumapea

Bendahara Umum, Rismawati Simarmata,

Wakil Bendahara, Margaret CTP Parhusip.


Sebagai Ketua Bidang Organisasi dan SDM adalah Sinta Mauli Agnes Tamba,

Ketua Bidang Hukum Adat, Patik dan Ugari: Jaubung Malau

Ketua Bidang Sejarah, Tradisi dan Habatakon adalah Lassani Sihotang,

Ketua Bidang Adat dan Torsa adalah Dianto Situmorang,

Ketua Bidang Pendidikan Umum, Bahasa dan Aksara Batak adalah Ida Susana Silitonga,

Ketua Bidang Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif adalah Ferri Sagala,

Ketua Bidang Keamanan, Ketertiban dan Penegakan Hukum adalah Sungkun Sitanggang. 


Dalam sambutannya, Ketua Umum Lembaga Adat dan Budaya Kabupaten Samosir terpilih Batahan Siringoringo, SE, MM mengatakan dirinya siap mengemban jabatan ini demi kemajuan budaya dan adat Kabupaten Samosir. 


"Saya mengajak seluruh jajaran pengurus untuk bekerja maksimal sesuai tupoksi dan wewenang masing masing untuk mendukung program pembangunan di Kabupaten Samosir secara umum dan pelestarian adat-istiadat dan budaya Bangso Batak khususnya," tegas Batahan Siringoringo.


Sementara itu, Bupati Samosir Vandiko Timoteus Gultom menyampaikan selamat kepada pengurus Lembaga Adat dan Budaya Tingkat Kabupaten Samosir yang telah dipilih secara musyawarah. 


"Terima kasih kepada Tim Formateurdan Inisiator serta seluruh Tokoh Adat dan Budaya yang telah memberikan sumbangsih waktu, tenaga dan materi serta ide dan buah pikiran," ujar Vandiko Gultom.


Vandiko Gultom juga mengajak pengurus terpilih agar keberadaan lembaga ini beserta seluruh pranata sosial peradaban Batak berperan dalam peningkatan Harkat dan Martabat bangsa berlandaskan pada nilai-nilai luhur bangsa yang tumbuh dalam masyarakat khususnya Bangso Batak. 


"Terbentuknya lembaga ini merupakan salah satu wujud kekhususan dan keistimewaan Bangso Batak yang memiliki Aksara, Bahasa, Bendera dan Wilayah yang terbentang dikawasan Danau Toba," jelas Vandiko.


Tampak hadir para generasi muda dari Sanggar Jolo New yang memberikan performance tarian Manortor dan diiringi irama musik khas Gondang Batak untuk melengkapi acara pelantikan Lembaga Adat dan Budaya tersebut. 


Saksikan video selengkapnya berikut ini :