Peduli Lingkungan, PLN UIP Sumbagut Bangun Taman Edukasi Sekitar Aset di Sunggal -->

VIDEO

Peduli Lingkungan, PLN UIP Sumbagut Bangun Taman Edukasi Sekitar Aset di Sunggal

Kamis, 28 Oktober 2021

 

GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung dan jajaran berfoto bersama pihak Forkopimcam Medan Sunggal usai melakukan penanaman pohon dan melihat pembangunan taman edukasi di sekitar aset PLN/foto : ist

GREENBERITA.com || Melalui bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL), PT PLN (Persero) terus berupaya berkomitmen untuk menjaga keseimbangan kawasan lewat penghijauan di sekitar asetnya.

Hal itu pula yang dilakukan PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut), sebagai pemilik aset berupa gudang penyimpanan material seluas 6.000 m² di Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal.

Lewat penyaluran TJSL atau Cooporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli sebesar Rp138.000.000, 'menyulap' areal lokasi aset milik PLN yang sebelumnya digunakan sebagai tempat pembuangan sementara (TPS) sampah, menjadi kawasan hijau lewat kegiatan penanaman pohon dan pembangunan taman edukasi.

Pencanangan program tersebut berlangsung tepat di Hari Sumpah Pemuda ke 93, Kamis (28/10/2021).

Tampak hadir GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung, Tomu Murniaty Sibarani (SRM Keuangan, Anggaran dan Umum), Hartono (Senior Manager Operasi Konstruksi I) dan Raja Muda Siregar (SRM Perencanaan).

Sedangkan dari Pemko Medan hadir Camat Medan Sunggal M Indra Nasution,
Lurah Sunggal Rinaldi Syahputra Siagian serta jajaran Forkopimcam setempat.

Camat Medan Sunggal M Indra Nasution dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi PLN atas kucuran TJSL dalam mendukung pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang sehat.

"Perlu diketahui, sebelumnya kawasan ini merupakam TPS, sangat semrawut banyak masyarakat dari Medan dan Deliserdang membuang sampah sesuka hati di kawasan ini," ungkap Indra.

Kemudian, lanjutnya, sekitar akhir Juli 2017, lokasi TPS dipindahkan ke belakang Dinas Kebersihan di kawasan Pinang Baris. Hal itu dilakukan karena keberadaannya mengganggu masyarakat, termasuk mengganggu proses belajar di SMA Negeri 15 Medan yang lokasinya sangat berdekatan. Aroma busuk yang menyengat juga dinilai sangat meresahkan.

"Karena itu, CSR dari PLN ini sangat membantu Pemko dalam merubah image kawasan ini sekaligus telah memberi edukasi kepada masyarakat agar turut peduli dalam penghijauan seperti yang dilakukan PLN melakukan penanaman pohon, pembuatan pot bunga dan sarana olahraga. Apa yang dilakukan PLN juga sejalan dengan program Bapak Walikota Medan. Semoga semua bantuan ini bisa menjadi amal ibadah," harapnya.

Sedangkan GM PLN UIP Sumbagut Octavianus Padudung mengatakan, bahwa apa yang mereka lakukan merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen pihaknya sebagai rangkaian Hari Listrik Nasional (HLN) ke 76 yang jatuh setiap tanggal 27 Okober, sekaligus membantu membantu berbagai lapisan masyarakat sebagai stake holder.

Octavianus Padudung juga menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Creating Shared Value (CSV) dengan harapan bantuan yang diberikan PLN bukan hanya bisa dirasakan masyarakat, akan tetapi juga menjadi nilai yang mampu meningkatkan citra positif bagi perusahaan BUMN tersebut.

"Pesan kami, semoga apa yang sudah dilakukan PLN dalam membangun fasilitas, bisa dijaga bersama dan senantiasa dirawat, agar semua manfaatnya bisa dirasakan bersama," pungkasnya.

Sementara, sebagai penutup kegiatan, GM PLN UIP Sumbagut bersama Camat Medan Sunggal, melakukan penanaman pohon dan meninjau pembangunan taman edukasi yang tengah berlangsung. (Yan)

Loading...