Voting, Seluruh Fraksi DPRD Samosir Minus PDIP Terima Ranperda P-APBD Samosir 2021 -->

VIDEO

Voting, Seluruh Fraksi DPRD Samosir Minus PDIP Terima Ranperda P-APBD Samosir 2021

Radio samoir Green
Kamis, 30 September 2021

Rapat Paripurna DPRD Samosir pengesahan P-APBD Samosir 2021 Disahkan Melalui Voting, (30/9/2021)

SAMOSIR, GREENBERITA.com
  - DPRD Samosir melakukan rapat paripurna tentang Ranperda Perubahan APBD 2021 dan RPMJD 2021-2026 serta Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PT Bank Sumut pada Rabu, 29 September 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Samosir, Parbaba, Pangururan.


Dibuka oleh Ketua DPRD Samosir Sorta Ertaty Siahaan dan Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas Maroha Sinaga dan 14 Anggota DPRD Samosir serta dihadiri langsung Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom.


Pada Ranperda P-APBD 2021, secara bergiliran seluruh fraksi menyampaikan pandangan akhir fraksinya dan menerima P-APBD Samosir 2021 dan RPMJD 2021-2026 serta Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada PT Bank Sumut.


Setelah melalui rapat konsultasi tim perumus, Fraksi PDI-P yang tadinya menolak Ranperda P-APBD Samosir 2021 dan RPJMD Samosir 2021-2026, akhirnya menerima RPJMD Samosir tapi tetap menyatakan menolak atau belum dapat menerima Ranperda P-APBD Samosir 2021.


Namun seluruh fraksi yang hadir menerima menerima Ranperda P-APBD Samosir 2021.


Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Samosir Nasib Simbolon ketika dikonfirmasi Greenberita pada Kamis, 30 September 2021.


"Karena Fraksi PDI-P masih menolak Ranperda P-APBD Samosir, akhirnya sesuai dengan Tatib DPRD Samosir, dilakukan voting oleh 15 Anggota DPRD Samosir yang hadir," ujar Nasib Simbolon.


Hasil voting sendiri adalah 11 menyetujui ranperda APBD Samosir 2021, 2 menolak yaitu Sorta Ertaty Siahaan dan Pardon Me Lumbanraja dan 2 abstain yaitu Russel Baringin Sihotang serta Paham Gultom.


"Walaupun dengan perdebatan demokrasi yang panjang, tapi kita bersyukur paripurna ini dapat selesai," pungkas Nasib Simbolon.


Sebelumnya pada penyampaian pendapat akhir Fraksi Nasdem DPRD Samosir yang dibacakan Ketua Fraksi Polma Hasehaton Gurning menyatakan dapat menerima Ranperda P-APBD Samosir 2021, Ranperda RPJMD Samosir 2021-2026 dan ranperda penyertaan modal Pemda Samosir pada PT Bank Sumut.

Adapun Fraksi Nasdem DPRD Samosir yang tidak hadir adalah Batahan Siringoringo.


Hal yang sama disampaikan oleh Fraksi PKB DPRD Samosir yang dibacakan Ketua Fraksi Noni Sulvia Situmorang.

Adapun Fraksi PKB DPRD Samosir yang tidak hadir adalah Haposan Sidauruk.


Sedangkan Fraksi Golkar DPRD Samosir juga menerima berdasarkan pandangan akhir yang dibacakan Anggota Fraksi Parluhutan Sinaga

Adapun Fraksi Golkar DPRD Samosir yang tidak hadir adalah Jonny Sagala dan Polten Simbolon.


Untuk Fraksi Nurani Demokrat Indonesia Raya juga menerima berdasarkan pandangan akhir fraksi yang dibacakan Ketua Fraksi Russel Baringin Jaya Sihotang.

Adapun anggota Fraksi Gabungan DPRD Samosir  tampak hadir semuanya.


Sebelumnya rapat paripurna DPRD Samosir hanya diikuti oleh 17 anggota DPRD Samosir serta dihadiri oleh para OPD (organisasi perangkat daerah) Samosir.


Rapat paripurna sempat diwarnai hujan interupsi dari anggota DPRD Samosir Risma Simarmata kepada pimpinan rapat Ketua DPRD Samosir Sorta Ertaty Siahaan.


Fraksi PDIP Samosir yang berjumlah 8 anggota DPRD Samosir namun hanya ditandatangani oleh 2 anggota DPRD Samosir yang berasal dari fraksi ini.


(Gb-ferndt01)

Loading...