Ria Gurning & KSPS Samosir Tanam Perdana 50.000 Bibit Serai di Sigaol Marbun -->

VIDEO

Ria Gurning & KSPS Samosir Tanam Perdana 50.000 Bibit Serai di Sigaol Marbun

Radio samoir Green
Rabu, 25 Agustus 2021


SAMOSIR, 
GREENBERITA.com- Komunitas Samosir Peduli Sesama kembali melakukan aksi membantu para petani Samosir di Desa Sigaol Marbun, Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir pada Sabtu, 21 Agustus 2021.

Kali ini KSPS yang beranggotakan 6 OKP di Samosir dan IWO Samosir serta Sun Life melakukan pembagian dan penanaman 50.000 bibit Serai yang biasa disebut petani batak Sangge-sangge.
Hal ini dibenarkan Ketua KSPS Samosir Ria Gurning ketika diwawancarai Greenberita pada Minggu, 22 Agustus 2021.
"Benar, kali ini KSPS bersama petani Sigaol Marbun di Samosir ini melakukan pembagian dan penanaman 50.000 bibit serai," ujar Ria Gurning.
Ketika disinggung tentang pemasaran hasil panen Serai nantinya, Ria Gurning mengaku bahwa pihaknya telah menggandeng pihak swasta yang akan membeli hasil panen nantinya.
"Karena minyak suling dari bibit serai ini sekarang sudah menjadi primadona dan minyaknya sangat ampuh untuk mengobati beberapa penyakit,' jelas Ria Gurning.
Sementara itu, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Samosir Jabendeus Banjarnahor mengapresiasi aksi yang dilakukan KSPS kepada para petani Samosir.
"Atas nama Petani Samosir, kita sangat mengapresiasi nya dan berharap kegiatan ini terus berkelanjutan sehingga dapat memperbaiki produksi petani untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Jabendeus Banjarnahor.
Terpisah, Ketua FBI Samosir Harisma Simbolon mewakili 6 OKP yang tergabung di KSPS Samosir meminta para petani untuk tetap semangat dalam beraktivitas.
"Ini menjadi secercah harapan untuk petani kembali bertani di masa sulit nya perekonomian di masa pandemi ini," ujar Harisma Simbolon.
Kedepannya, Harisma Simbolon minta para petani untuk lebih giat merawat pertumbuhan serai ini sampai panen.
'Yakinlah, bila ini diseriusi dengan baik akan menjadi komoditas yang membantu perekonomian para petani," pungkas Hisarma.
Bagaimana kegiatan tersebut berlangsung, simak pada tayangan berikut ini.,



Loading...