Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UNRI Tetap Berkarya Untuk Warga di Samosir -->

VIDEO

Masa Pandemi, Mahasiswa KKN UNRI Tetap Berkarya Untuk Warga di Samosir

Radio samoir Green
Sabtu, 14 Agustus 2021

Mahasiswa KKN UNRI Bersama Kepala Desa Rianiate

SAMOSIR, GREENBERITA.com
-  Para Mahasiswa/i dari Universitas Riau (UNRI) melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Samosir, tepatnya di Desa Rianiate, Kecamatan Pangururan. Program KKN yang berlangsung kurang lebih selama 40 hari Kalender ini melibatkan 10 Orang dalam satu Tim.


Selama di Desa Rianiate, para Mahasiswa/i ini telah melakukan banyak hal, dan ini merupakan wujud pelaksanaan program yang telah mereka susun dengan perencanaan yang matang. 


Hal ini disampaikan oleh Koordinator KKN UNRI 2021 Desa Rianiate Panji Haratua Sibarani kepada greenberita saat berada di Posko KKN pada 12 Agustus 2021.


"Sejauh ini program kami terlaksana dengan baik, dan dalam KKN tahun ini kami membawa 3 tema," ujar Panji.


Tema pertama adalah New Normal, yang kedua adalah tema literasi dan yang ketiga adalah tema unggulan. 


Menurutnya, pihaknya terus membantu aparat desa membuat posko Covid-19, membagikan masker kepada masyarakat, serta memberikan edukasi terkait  Pandemi Covid-19 saat ini. 

Pembuatan POSKO Covid-19

Untuk program Unggulan, Tim KKN UNRI 2021 menyadari bahwa kondisi geografis dari Desa Rianiate terbagi atas 3 Dusun yang jaraknya berjauhan. Dan besar kemungkinan, akan sangat sulit ketika orang yang hendak ke Desa ini, untuk menemukan lokasi yang dituju. Maka kami angkat satu program kerja membuat plang nama jalan. 


"Semoga ini menjadi salah satu solusi untuk warga, " harap Panji


Tak hanya sebatas itu, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 76, Mahasiswa/i  ini membantu pihak Aparat Desa Rianiate untuk membersihkan satu-satunya makam Pahlawan yang ada di Samosir, yaitu  Makam Pahlawan Si Damdam. 

Membersihkan Makam Pahlawan Si Damdam

Sementara itu, ditempat yang sama salah satu peserta KKN UNRI 2021 Jona Steven Sitanggang menceritakan bahwa situasi Pandemi saat ini sedikit mempersulit mereka dalam menjalankan program, dan bahkan untuk bersosial kepada Masyarakat setempat. 


"Namun walaupun demikian, hal ini tidak menyurutkan niat kami melakukan pengabdian kepada masyarakat,"  jelas Jona


Jona berharap, dengan terlaksananya Program KKN UNRI 2021 ini dapat bermanfaat kepada Masyarakat, terkhusus di Desa Rianiate.


(GB Elim09)

Loading...