Keutamaan Bulan Sya'ban Bagi Umat Islam, Waktu terbaik Memanjatkan Doa -->

VIDEO

Keutamaan Bulan Sya'ban Bagi Umat Islam, Waktu terbaik Memanjatkan Doa

Radio samoir Green
Jumat, 02 April 2021

Khotbah Jum'at pada pelaksanaan Sholat Jum'at di Mesjid Al Hasannah Pangururan Kabupaten Samosir di bacakan oleh Ustad Zunaidi dari Holbung Kabupaten Samosir.

GREENBERITA.com
- Khotbah Jum'at pada pelaksanaan Sholat Jum'at di Mesjid Al Hasannah Pangururan Kabupaten Samosir di bacakan oleh Ustad Zunaidi dari Holbung Kabupaten Samosir.


Setelah di kumandangkan Adzan maka Ustad Zunaidi membuka Khutbahnya dengan terlebih dahulu menyampaikan salawat kepada Rasulullah.saw dan menyampaikan ayat Al qur'an yang intinya mengajak umat Muslim Samosir pada umumnya dan umat Muslim Pangururan khususnya yang hadir dalam Sholat Jum'at hari ini (2/4/2021).


Kejadian Angin kencang yang menimpa Kabupaten Samosir beberapa waktu yang lalu harusnya menjadikan umat muslim semakin mendekatkan diri kepada Allah dan menerima semua hal yang terjadi sebagai cara untuk lebih taat kepada Allah.


Dalam khotbahnya Ustad Zunaidi mejabarkan keutamaan bulan Sya'ban bagi umat Islam seluruh dunia dan Ustad Zunaidi menganjurkan .


"Supaya semua umat muslim yang hadir dalam Sholat Jum'at tersebut dapat melaksanakan amalan sunah dan wajib lebih dari biasa karena limpahan pahala dan ampunan dari Allah yang sangat besar " di sampaikan oleh Ustad Zunaidi dalam khotbanya.


Ada 3 amalan utama yang yang sebaiknya di lakukan umat Islam dalam bulan Sya'ban ini antara lain kata beliau 

" Melaksanakan puasa Sunnah , seperti puasa senen kamis , puasa Nisfu Sya'ban dan puasa Qadar bagi wanita dan laki-laki yang pada bulan Ramadhan lalu ada yang batal puasanya, karena bila sudah masuk Ramadhan maka puasa yang tertinggal sebelumnya tidak bisa di ganti lagi, "ujar beliau meneruskan.


" Mengaji , juga adalah amalan yang di anjurkan sepanjang bulan Sya'ban dan bagi siapa saja yang melaksanakannya akan teratih dan terbiasa melakukannya saat Ramadhan nanti, seperti di mketahui semua umat bmuslim haknya Al qur'an adalah di khatamkan setiap tahunnya," lanjut beliau dalam khotbanhya.


"Sholat Tahajud merupakan amalan yang di ajurkan bagi muslim selama bulan Sya'ban, kemuliaan dan derajat yang tinggi di berikan sebagai ganjaran oleh Allah dan semua permintaan akan di kabulkan Allah," begitu ucap beliau melanjutkan khotbahnya.


Lalu Khotbah pertama beliau tutup dan jamaah memanjatkan doa, seperti kepercayaan kaum muslimin berdoa diantara dua khotbah mustajab (baik dan bermamfaat). Lalu beliau melanjutkan Khotbah kedua  dengan mendoakan seluruh umat muslim di mana saja berada.


Ustad Zunaidi akhirnya memimpin Sholat Jum'at sebagai Imam setelah khamad di kumandangkan dan jamaah yang hadir serentak berdiri untuk sholat. Suasana khidmad terasa saat melaksanakan sholat Jum'at di Mesjid Al Hasannah Pangururan Kabupaten Samosir.


Ada hal istimewa dari mesjid bersejarah ini apabila sholat sudah selesai di lakukan terlihat banyaknya sumbangan makanan baik makanan ringan dan nasi dan lauk pauk yang di sumbangkan muslim Samosir terutama sekitar Pangururan. 


Suasan akrab dan kekeluargaan terasa sangat kental senyum ramah dan sambutan para petugas mesjid terlihat sangat natural dan bersahaja. 


Ada hal lain yang istimewa saat pelaksanaan Sholat Jum'at di Mesjid ini , terlihat para wisatawan yang ikut melaksanakan sholat dan kaum wanitanya yang bersantai di sekitar pimgiran Danau Toba yang Indah menunggu Selesainya Sholat Jum'at dan mereka akan melaksanakan sholats etelah kaum lelaki selesai. 


Ketaatan kepada Allah di balut dengan pemandangan yang Indah benar -benar menyejukkan bagi siap saja yang memandang dan hadir di sekitar lingkungan mesjid setiap Jum'at di Mesjid Al Hassanah Pangururan Kabupaten Samosir.

(gb-rizal/rel)






Loading...