Warga Keluhkan Kosongnya Posyandu Desa Sitonggitongi Ronggurnihuta di Samosir -->

VIDEO

Warga Keluhkan Kosongnya Posyandu Desa Sitonggitongi Ronggurnihuta di Samosir

Selasa, 09 Februari 2021

Posyandu Huta Sitonggitonggi Desa Lintongnihuta Sering Kosong Tanpa Petugas Yang Melayani
GREENBERITA.com - Masyarakat Huta Sitonggitongi Desa Lintongnihuta Kecamatan Ronggurnihuta Kabupaten Samosir mengeluhkan seringnya kosong tanpa petugas sama sekali.


Mendapatkan informasi dari masyarakat Huta Sitonggitonggi, Greenberita langsung mengkonfirmasi dengan Kepala Puskesmas Ronggurnihuta, drg Subarta Sagala melalui selulernya.


Dia mengakui memang Bidan Desa yang bernama Lestari Rajagukguk ini kurang aktif belakangan ini.


"Memang betul amang bidan desa sitonggi- tonggi kurang aktif amang ,akhir-akhir ini karena alasan kurang sehat atau sakit," ujar Subarta.


Subarta menambahkan bahwa bahwa bidan desa Sitonggitonggi sekarang sudah tinggal didepan Puskesmas Ronggurnihuta.


Namun hal ini sangat menyulitkan warga karey jika ada pasien  atau ibu yang hendak melahirkan sesuai prosedur, harus ada rujukan dari bidan setempat baru bisa ke Puskesmas tersebut.


Menyikapi itu, Kepala Puskesmas Ronggurnihuta mengatakan untuk saat ini khusunya masyarakat Sitonggitonggi yang sakit diperbolehkan langsung ke Puskesmas tanpa ada rujukan dari bidan setempat.


"Untuk saat ini dan juga mohon juga di sampaikan kepada masyarakat sitonggitonggi bila mana ada yang sakit atau melahirkan sudah bisa langsung datang ke puskesmas Ronggur nihuta tanpa rujukan,"ujar doker gigi ini.


Sementara itu, seorang warga yang juga tokoh masyarakat Bapak S. Simbolon juga menyayangkan Posyandu Sitonggitonggi akhir-akhir ini sering kosong.


"Padahal kami masyarakat  Sitonggitonggi sudah rela melepas lahan untuk pembangunan Posyandu di desa kami tapi nyatanya jadi begini sering kosong," ujar Simbolon.


Dia juga menyatakan bahwa masyarat Sitonggitonggi siap di klarifikasi terkait seringnya kosong posyandu tersebut. 


(Gb-ambosius12)

Loading...