Sinabung Kembali keluarkan Guguran Lava Sore ini -->

VIDEO

Sinabung Kembali keluarkan Guguran Lava Sore ini

Radio samoir Green
Jumat, 12 Februari 2021

Sinabung keluarkan guguran lava sejauh 1500 m
GREENBERITA.com - Intensitas guguran lava yang keluar dari kawah Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, terus menunjukkan peningkatan dalam sepekan terakhir. 


Berdasarkan amatan Pos Pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang berlokasi di Kecamatan Simpang Empat, Tanah Karo, beberapa saat lalu persisnya, Jum'at sore (12/2/2021) sekitar pukul 15.26 WIB, gunung setinggi 2460 mdpl itu, kembali meluncurkan guguran lava sejauh 1.500 meter.


Kondisi cuaca di sekitar kawah yang cukup terang, membuat guguran lava itu terlihat jelas saat meluncur di sela lereng gunung beratatus Siaga atau Level III tersebut. 


Berdasarkan Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang berlokasi di kecamatan  Simpang Empat beberapa saat lalu persisnya Jum'at (12/02/2001)Sore Atas kondisi tersebut, PVMBG masih memberlakukan sejumlah rekomendasi agar masyarakat dan wisatawan tetap berhati-hati terhadap gunung yang kini berstatus Level III atau Siaga tersebut. 


Isi rekomendasi diantaranya : 


1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agarsungai-sunga

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

(gb-rizal/rel)

Loading...