Bappeda Samosir: Ada Alokasi Dana Pengadaan 60000 Vaksin Untuk Warga -->

VIDEO

Bappeda Samosir: Ada Alokasi Dana Pengadaan 60000 Vaksin Untuk Warga

Radio samoir Green
Rabu, 24 Februari 2021

Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan 

GREENBERITA.com
- Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi Siahaan menyatakan bahwa pihaknya telah menganggarkan pembiayaan untuk pengadaan Vaksinasi bagi 60000 warga Samosir.


Hal itu disampaikan Rudi Siahaan ketika mewakili Plh Bupati Samosir dalam Musrenbang Kecamatan Onanrunggu, di kantor Kecamatan Onanrunggu, pada Selasa, 23 Februari 2021.


"Pada APBD Samosir Tahun 2021 direncanakan mengalokasikan dana vaksin bagi 60.000 warga Samosir," tegas Rudi Siahaan.


Karenanya, Rudi Siahaan mengingatkan warga bahwa perubahan kebijakan dalam pengelolaan anggaran sebagai akibat dari pencegahan dan penanganan Covid-19. 


"Karenanya saya berharap agar kita memprogramkan usulan kebutuhan berdasarkan skala prioritas dan pasti diadakan penyesuaian-penyesuaian terhadap anggaran lain untuk kebutuhan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah," tambah Rudi.


Menurut Rudi Siahaan, Pemkab Samosir telah menetapkan enam skala prioritas menurut isu strategis antara lain peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan penurunan angka kemiskinan, pencegahan, penanganan, penanggulan wabah penyakit dan bencana, pelaksanaan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintah berbasis elektronik, pemulihan ekonomi kerakyatan melalui kearifan lokal dan inovasi daerah.


"Pengelolaan industri pariwisata yang berkelanjutan, peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik untuk mendukung perekonomian masyarakat serta Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Danau Toba," pungkas Rudi.


Mulai tahun 2021 ini input usulan telah dioleh dengan aplikasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) termasuk Pokir DPRD.


Hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) di Aula PNPM Desa Pakpahan ini,  anggota DPRD Samosir Komisi III Parluhutan Samosir, Camat Onanrunggu Junita Sinaga, Komandan Rayon Militer Onanrunggu dan Kapolsek Nainggolan-Onanrunggu, pimpinan SKPD, kepala sekolah SD-SMP, kepala desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Forum Komunikasi Tokoh Masyarakat (FKTM), dan masyarakat umum. 


Dalam laporannya, Camat Onanrunggu Junita Sinaga melaporkan Musrenbang Desa telah dilaksanakan di desa Harian Huta Hotang, Janji Matogu, Onan Runggu, Pakpahan, Pardomuan, Rinabolak, Silima Lombu, Sipira, Sitamiang, Sitinjak, dan Tambun Sungkean. 


Adapun hasil-hasil Musrenbang Desa ini akan dimusyawarahkan pada tingkat kecamatan untuk selanjutnya ditindaklanjuti pada acara Musrenbang Kabupaten.


Pada sesi interaktif, para peserta menyampaikan usulan yang mencakup prasarana listrik, tapal batas desa, perbaikan jalan umum, peralatan pertanian, dinas kebersihan, penanganan hama pertanian yang terjadi di desa, perbaikan sarana parasarana pendidikan, dan pompanisasi untuk kebutuhan pengairan sawah.


Pada penyampaiannya, Kapolsek Nainggolan-Onanrunggu Wilson Harianja menyatakan pentingnya kordinasi masyarakat dengan pihak keamanan dalam menangani kamtibmas dan masalah-masalah dalam masyarakat lainnya.


Terkait persoalan kelistrikan, Anggota DPRD Samosir Komisi Parluhutan Samosir menyampaikan bahwa diriy telah menghubungi PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik.


"Terutama pada masyarakat desa-desa yang belum menikmati listrik dengan syarat jalan ke desa dapat dilalui kenderaan roda empat," tutur Parluhutan Samosir.


Dia juga menambahkan bahwa  pihak desa masih mempunyai kesempatan untuk melengkapi usul untuk ditindaklanjuti. 


Pada Musrenbang ini diadakan pembacaan Berita Hasil Kesepakatan Musrenbang dan penandatanganan Berita Acara Musrenbang oleh para kepala desa. 


Oleh Camat Onanrunggu Junita Sinaga menyerahkan hasil Musrenbang yang diterima oleh Kepala Bappeda Samosir Rudi Siahaan untuk ditindaklajuti pada Musrenbang Kabupaten Samosir dalam menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Samosir Tahun 2022.* (Gb-ferndt01/rel)

Loading...