Bawaslu Samosir Perkuat SDM Jelang Pilkada 2020 -->

VIDEO

Bawaslu Samosir Perkuat SDM Jelang Pilkada 2020

Radio samoir Green
Rabu, 30 Desember 2020


Training Of Trainer (ToT) Untuk Narasumber Dan Fasilitator Pada Bimbingan Teknis Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020 di Aula Hotel Sitio-tio,Pangururan, Senin (30/11/2020).


SAMOSIR, GREENBERITA.com || 
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Samosir, melaksanakan Training Of Trainer (ToT) Untuk Narasumber Dan Fasilitator Pada Bimbingan Teknis Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020 di Aula Hotel Sitio-tio,Pangururan, Senin (30/11/2020).


Informasi yang dilansir dari samosir.bawaslu.go.id/ Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua didampingi Anggota dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Samosir, Ritha Cordyana Bakkara,tersebut mengundang Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Samosir berserta 1 (satu) orang staf divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM).


Ketua Bawaslu Kabupaten Samosir, Anggiat Sinaga yang sekaligus sebagai Koordinator Organisasi Sumber Daya Manusia, sebelum membuka acara menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan penguatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia bagi seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Samosir terkait tugas, fungsi, dan wewenang Bawaslu sebagai pengawas pada pelaksanaan pengawasan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Sehingga harapannya, Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Samosir dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar nantinya mampu menjadi perpanjangan tangan Bawaslu Kabupaten Samosir dalam memberikan penguatan yang sama kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).


”Selamat datang Bapak, Ibu Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Samosir pada kegiatan Training of Trainer (ToT) Untuk Narasumber Dan Fasilitator Pada Bimbingan Teknis Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Samosir Tahun 2020. Kegiatan ini merupakan penguatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia bagi seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Samosir terkait tugas, fungsi, dan wewenang Bawaslu sebagai pengawas pada pelaksanaan pengawasan pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang. Saya mengharap, Bapak, Ibu bisa mengikuti dengan baik dan serius. Sehingg Bapak, Ibu sebagai pengawasan dapat memberikan penguatan yang sama pada PTPS”, tandasnya.


Beriringan dengan hal tersebut, Anggota Bawaslu Kabupaten Samosir, Robintang Naibaho juga mengatakan agar Panwaslu Kecamatan benar – benar serius mengikuti kegiatan ini. Mengingat maraknya isu yang beredar dimasyarakat rendahnya Pengawasan Bawaslu. Masyarakat menilai Bawaslu Kabupaten Samosir kurang mampu melaksanakan tupoksi sebagai pengawas.


”Ini hal yang sangat serius Bapak, Ibu. Ingat, saat ini Bawaslu Kabupaten Samosir menjadi sorotan masyarakat karena kita dinilai kurang mampu melaksanakan tupoksinya sebagai pengawas. Jadi dengan adanya kegiatan ini seriuslah, agar anda paham apa saja tugas, fungsi dan wewenang anda sebagai pengawas”, tambahnya pada sambutan pembukaan acara.


Rianto Nainggolan, Anggota Bawaslu Kabupaten Samosir yang juga turut hadir pada kegiatan tersebut mengingatkan, agar seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten Samosir hingga ketingkat PTPS untuk selalu menciptkan sinergitas yang baik sesama pengawas dalam hal pengawasan seluruh proses pelaksanaan Pilkada 2020.


Selain memberian pembekalan dan penguatan berupa materi, kegiatan yang sudah terlaksana sedari pagi ini juga menginventarisir masalah – masalah yang apa saja mungkin terjadi pada saat proses pemungutan, penghitugan dan rekapitulasi suara melalui pemecahan ilustrasi studi kasus. Sehingga harapannya seluruh jajaran pengawasan dapat menyikapi dan mengambil tindakan apabila hal tersebut terjadi di wilayah pengawasan masing -masing.


(gb-ars/rel)

Loading...