Nuansa Baru, Saturday Culture Samosir Ramai Pengunjung -->

VIDEO

Nuansa Baru, Saturday Culture Samosir Ramai Pengunjung

Green Berita
Sabtu, 14 Maret 2020

Opening Saturday Culture 2020 di PIS, Pangururan Samosir, (15/3/2020)
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Event Saturday Culture yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Dinas Pariwisata Samosir mengalami perubahan nuansa di tahun ini.

Kali ini penampilan Saturday Culture dimodifikasi untuk menghindarkan kekakuan penampilan sehingga menarik perhatian pengunjung.

"Saturday Culture kali ini penampilannya kita modifikasi untuk tidak kaku, sambil kita juga ingin memberdayakan semua komunitas yang ada didaerah ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Samosir Dumosch Pandiangan ketika dikonfirmasi greenberita pada Opening Saturday Culture, Sabtu 14 Maret 2020 di Pantai Indah Situngkir (PIS), Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara.

Menurutnya, para komunitas yang ingin menampilkan kreasi akan difasilitasi sedemikian rupa dan tidak tampak kumuh supaya menarik para pengunjung.

Tampak ratusan penonton dan para performance duduk dilapangan dengan tempat duduk dari kantong udara tanpa bangku yang berjejer serta langsung merasakan segarnya udara tanpa tenda diatasnya.

"Ini hiburan, ini entertain untuk wisatawan dengan mengkombinasikan kearifan lokal yang ada di Samosir," tambahnya.

Kearifan lokal yang ditampilkan adalah permainan marjalengkat (berjalan pakai bambu), margala dan main ketapel sambil mendengarkan alunan  musik dan suara dari para seniman yang tampil dipentas PIS Saturday Culture.

Saturday Culture 2020 dibuka resmi Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga yang didampingi Kadis Budpora Waston Simbolon, Kadis Pendapatan Hotraja Sitanggang, Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu, Asisten II Lemen Manurung dan Kepala Desa Situngkir Sipayung.

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga Buka Saturday Culture 2020 di PIS, Pangururan
Uniknya, ada Miss Universe 2017 turut mendampingi Wabup Samosir ketika disambut tarian oleh para penari remaja di Pantai Indah Situngkir.

Saturday Culture merupakan sebuah atraksi wisata berupa pertunjukan seni budaya yang digelar setiap Sabtu sore dan dua kali sebulan. Pertunjukan digelar pada minggu pertama dan ketiga setiap bulannya, dimulai setiap pukul 16.00 Wib.

Tampil pada pertunjukan perdana Saturday Culture The Taganing, Sanggar Angel Elkanean, Harmony Trio dan Nadakustikserta stand up comedy muda Nai Floren Sitanggang.

Selain itu, penonton juga dimanjakan sajian dari Becak Kopling alias Kopi Keliling yang menyajikan nimatya kopi Samosir serta makanan serta rebusan ubi nan lezat dari para kuliner lokal Samosir.

Setelah puas menikmati penampilan para seniman Samosir, sebelum Matahari terbenam terlihat para wisatawan menyempatkan diri singgah di Restoran Dermaga Jetty, yang pernah dikunjungi Presiden Jokowi.


(gb-Angga)

Loading...