Video: Desa Parmonangan di Samosir Krisis Air Bersih

VIDEO

Video: Desa Parmonangan di Samosir Krisis Air Bersih

Green Berita
Rabu, 19 Februari 2020

Kades Parmonangan Adukan Masalah Krisis Air Bersih di Desanya
SIMANINDO,GREENBERITA.com- Pulau Samosir yang dikelilingi Danau Toba dengan sumber air yang melimpah ternyata masih memiliki desa yang krisis akan air.

Adalah Desa Parmonangan di Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir Sumatera Utara, saat ini mengalami krisis air bersih.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Parmonangan, Gimbet Situmorang pada acara reses DPRD Samosir pada Dapil II di Aula Kecamatan Simanndo, Kabupaten Samosir, Senin, 17 Februari 2020.

"Didesa Parmonangan khususnya di Dusun III itu selalu krisis air bersih, kita sudah upayakan melalui sumur gali maupun sumur bor tapi nyata-nyatanya sumber airnya tidak terjangkau," ujar Gimbet.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, Gimbet mengaku masyarakatnya mengambil sumber air yang kecil dan itupun bila ada hujan.

"Yang dilakukan masyarakat kadang mereka ada sedikit sumber air yang kecl yang berasal dari hujan, kalau kering karena kemarau terpaksa mengambil dari desa tetangga," ujarnya.

Selama ini warga terkadang harus membeli air dan bila kemarau panjang, mobil tanki berisi air bersih disalurkan oleh Pemkab Samosir kedesanya. "Dari Pemkab ada mobil tanki berisi air diberikan gratis dan cuma-cuma," tegasnya.

Kepala desa muda ini mengaku akibat kurangnya air bersih di desanya dapat mengganggu perekonomian warganya dan juga kesehatan masyarakatnya. 

"Saya pikir itu jelas, bila air bersih tidak tersedia maka otomotis dari segi petumbuhan perekonomian terutama dari segi kesehatannya (warga terganggu,red)," pungkas Gimbet Situmorang.

Hadir pada reses DPRD Samosir tersebut para anggota DPRD Samosir dari Dapil II seperti Magdalena Sitinjak,  Paham Gultom, Rismawati Simarmata, Pardon Lumbanraja, Haposan Sidauruk dan Parluhutan Samosir. 
Pelaksanaan reses ini dijadikan forum diskusi antara masyarakat dengan anggota dewan untuk mendapat masukan dari masyarakat terkait kebutuhan desa. 

Video Kades Gimbet Situmorang:



(gb-Andrey Siregar)

Loading...