VIDEO

Sabtu, 08 Februari 2020


SAMOSIR, GREENBERITA. com.
 Gondang Naposo di Desa Tomok,  Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumut,  Jumat s/d Minggu (7-9 Pebruari 2020) dibuka oleh Bupati Samosir, Rapidin Simbolon. 
Kegiatan Gondang Naposo (muda-mudi) kali ini menampilkan jargonnya masing masing,spt "Siapa Tau Dapat Rokkap" (Siapa tahu dapat jodoh) dengan rangkaian acara sejumlah Festival budaya,  diantaranya,  Lomba TorTor Batak antar SMP dan Lomba Marsitumba antar Sekolah Dasar. 
Ibadat singkat ini dilaksanakan sebelum acara dimulainya dengan dibarengi sajian kuliner diseputar lokasi acara,  tentu dengan khasnya masing-masing untuk memanjakan pengunjungnya dibarengin dengan hiburan artis lokal seperti Marsada, Putri Siallagan dan sederet artis pendukung lainnya sampai malam minggu mendatang. 
Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam. sambutannya menyampaikan, ucapan terimakasih kepada kaum muda mudi (Naposo Bulung) Desa Tomok Induk dan Desa Parsaoran Tomok yang tetap senantiasa melaksanakan kegiatan ini, tentu tujuan kalian sebagai naposo, kiranya dapat menemukan jodoh bagi yang sudah mau menikah dan event ini diharapkan juga mendukung destinasi pariwisata kita, sebagai ajang budaya, pestanya Naposobulung,  Ujarnya. 
Kegiatan kali ini juga mewujudkan kepedulian akan Destinasi Wisata Danau Toba Adalah mendukung kemajuan program pembangunan dari kehadiran Pak Jokowi, diantaranya membangun dua buah Fery menambah KMP Fery sebelumnya, yang menunjukkan dampak signifikan bagi pertumbuhan pembangunan dan ekonomi rakyat,  plus kehadiaran Bandara Silangit yang membawa wisatawan kita dan cepat tiba di Samosir ini, Ujar Bupati. 
Bupati Samosir mengharapkan peningkatan keramahtamahan warga,  dan tetap sadar bahwa kita adalah daerah tujuan wisata, jangan lupa pariwisata kita saat ini telah didukung Aksesibilitas (dengan adanya Bandara Silangit dan Fery), Amenitas yang semakin memadai baik di Tomok dan Tuktuk Siadong dan tentu dengan kondisi hadiran atraksi budaya dan event hiburan lainnya, semuanya itu demi dunia pariwisata kita, maka saya mengajak kaula muda dan para orangtua meningkatkan semangat kerja, jangan lupa jaga kebersihan dan lempar semyum, sapa kepada wisatawan kita, jaga sopan santun dan keramahtamahan, Kata Rapidin Simbolon. 
Program Pembangunan saat ini, dalam proses membangun trotoar disepanjang jalan wisata,  meningkatkan kualitas area wisata di Sigalegale dan revitalisasi area Kuburan (makam)  diatas pohon,  di Tomok ini, Kata Bupati. 
Rapidin Simbolon juga mendengar laporan Ketua Panitia Gondang Naposo, Bangkit Unedo Sidabutar dalam laporannya menyampaikan betapa tingginya tingkat rasa kegotongroyongan kaum muda itu untuk tetap mempertahankan Gondang Naposo sekali dalam tiga tahun dengan anggaran biaya seadanya. Untuk itu,  kami mengucapkan terimakasih kepada para orang tua kami, terlebih kepada Bapak Bupati Rapidin Simbolon dan rombongan yang memberikan semangat dan motivasi kepada kami, sehingga acara ini dapat terlaksana, ujar Unedo. 
Bukan itu saja,  kehadiran Bupati yang sudah ditunggu-tunggu para generasi muda itu,  selain didaulat membagikan hadiah dan pembinaan kepada juara Tortor tingkat SMP,  Rapidin juga merogoh kocek pribadinya Rp15juta,  dan Pemkab Samosir beri bantuan melalui Dinas Pariwisata Samosir sebesar Rp25jt demi suksesnya "Gondang Naposo Tomok".
Bupati Rapidin Simbolon didampingi Camat Simanindo,  Kepala Desa Tomok Induk dan Parsaoran secara serentak memukul tagading (gondang) pertanda Gondang Naposo Tomok itu dimulai, berakhir tanggal 09/02/2020.
Panitia pelaksana juga terus menerus mempublikasikan kegiatan di Medsos dan media lainnya. 
(GB/Rob2) 

Loading...