Notification

×

Iklan

Iklan

Musrenbang Kecamatan Rongurnihuta, Bupati Samosir: Kita Mengacu Pada Skala Prioritas

13 Feb 2020 | 19:05 WIB Last Updated 2020-02-15T02:57:22Z
Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta, (13/2/2020)
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menggelar Musrenbang tingkat Kecamatan Ronggurnihuta yang dilaksanakan di Aula Kantor Camat Ronggurnihuta pada Kamis, 13 Februari 2020.

Musrenbang yang dibuka langsung Bupati Samosir Rapidin Simbolon ini mengusung thema ‘’Pembangunan SDM, Pemantapan Pariwisata dan Pertanian untuk Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas," dihadiri oleh Kepala Bappeda, Pimpinan SKPD, Camat, Kepala desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh agama, Tokoh Pemuda dan Adat serta LSM dan Insan Pers.

Camat Ronggurnihuta Sitor Silalahi melaporkan bahwa program-program yang telah disusun dari 8 (delapan) desa yaitu Salaon Toba, Salaon Tongatonga, Salaon Dolok, Ronggunita, Lintong Nihuta, Sabungan Nihuta, Sijambur, dan Paraduan melalui Musrenbang Desa dan yang menghasilkan 103 usulan pembangunan. Camat berharap dalam Musrenbang semua usulan dapat terealisasi di tahun 2021 untuk kemajuan Kecamatan Ronggur Nihuta.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras menyiapkan Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta. “Dalam menyusun program-program untuk Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta, kita mengacu kepada prinsip skala prioritas yang tertinggi dan rasional untuk kebutuhan utama masyarakat,” ujar Rapidin.

Dia juga tidak menampik banyak program yang diusulkan dari desa dan belum semua dapat direalisasikan sesuai dengan yang telah direncanakan. “Kita harus fokus pada program-program yang dibutuhkan masyarakat secara riil dan berdampak langsung terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat,” harap Bupati.

Bupati Samosir juga dengan bangga menyampaikanbahwa Pemerintah Kabupaten Samosir telah mendapatkan penghargaan SAKIP sehingga daerah memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp. 8,9 Milyar.

Kepala Bappeda Rudi S.M. Siahaan turut menjadi narasumber utama dalam paparan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Samosir Tahun 2020. 

Rudi memaparkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dari tingkat Desa, Kecamatan, Provinsi, dan Nasional. 

“Capaian Indikator Kinerja Utama Kabupaten Samosir telah memenuhi target dan ada yang melebihi target” paparnya sambil menunjukkan data yang dirilis oleh BPS Tahun 2020. 

Dalam kegiatan tanya jawab, yang dipandu oleh Kadis Kominfo Rohani Bakara berlangsung interaktif dan mendapat penjelasan dari dinas-dinas terkait untuk memberikan penjelasan secara langsung dalam sesi tanya jawab.  

Pantas Samosir selaku Kadis PUPR menghimbau untuk tidak membuka jalan-jalan baru karena akan dianggap sebagai jalan rusak secara administratif. “Lebih baik kita memelihara jalan yang ada dan menghindari faktor pengurang dengan membuka jalan-jalan baru,” himbaunya sambil memaparkan jalan-jalan strategis yang diprioritaskan.

Musrenbang Kecamatan Ronggurnihuta diakhiri dengan penyerahan berita acara dari Camat Ronggurnihuta kepada Kepala Bappeda yang telah ditandatangani oleh para kepala desa se Kecamatan Ronggur Nihuta. Acara dilanjutkan dengan pemberian stressing points dari Bupati Samosir terkait hasil-hasil yang telah dibahas dalam acara tersebut.

(gb-robin/rel)