Notification

×

Iklan

Iklan

Lintas LSM di Pelalawan Siap Ungkap Korupsi Anggaran Negara

10 Des 2019 | 08:37 WIB Last Updated 2019-12-10T01:37:39Z
Ketua Forum Lintas LSM Pelalawan, Pranseda Simanjuntak, SH
PELALAWAN.GREENBERITA.com - Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diperingati setiap Tanggal 9 Desember ini memunculkan satu harapan, Indonesia terbebas dari korupsi yang sudah begitu lama mendera bangsa ini.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Lintas LSM Kabupaten Pelalawan Pranseda Simanjuntak SH ketika disampaikan tentang kejahatan Korupsi yang masih terus terjadi, pada Senin (9/12/2019).

"Sikap pesimitif, skeptis dan apatis pada perbuatan korupsi menyembabkan korupsi tumbuh subur dinegara inii." tegasnya.

Menurutnya, masyarakat yang apatis menyebabkan kebutaan akan hak-haknya serta bersikap mengarah pada penyalagunaan yang dilakukan pejabat, sementara pejabat pemerintah yang tidak berprinsip hanya mengikuti arus dominan yang ada dilingkungan kerjanya tanpa bisa berpikir  krisis dalam memahami dan melaksanakan hak dan kewajibannya.

Jika berbicara mengenai korupsi, patut disadari bahwa penanganannya bukan hanya merupakan tanggung jawab Komisi Pemberantasan Korupsi dan Penegak hukum saja, tetapi juga memerlukan peran serta masyarakat.

Dengan adanya partisipasi masyarakat didaerah makan akan membantu Pemberantasan Korupsi yang masih marak terjadi sampai hari ini.

"Sebagaimana di atur undang-undang Pemberantasan tindakan pidana korupsi, dalam pasal 41 ayat (5) dan pasal 42ayat(5) diatur mengenai hak dan peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi. Peran serta masyarakat diwujudkan dalam bentuk antara lain: mencari, memperoleh, memberikan data atau informasi terkait tindak pidana korupsi. Masyarakat juga memilik hak untuk menyampaikan saran dan pendapat serta melaporkan dugaan tindak pidana korupsi," jelas Pranseda.

Sebagai penggiat anti korupsi dari berbagai Lsm yang ada di Kabupaten Pelalawan yang bergabung dalam satu wadah Forum Lintas LSM Kabupaten Pelalawan, pihaknya akan terus berperan aktif dalam memerangi kejahatan tindak pidana korupsi yang merupakn musuh dari bangsa ini.

(gb-Iren davidson)