Sebagai Calon Kades, Adian Malau Fokus Peningkatan SDM dan Pendidikan Desa

VIDEO

Sebagai Calon Kades, Adian Malau Fokus Peningkatan SDM dan Pendidikan Desa

Green Berita
Senin, 21 Oktober 2019

Calon Kades Desa Lumban Pinggol, Adian Malau
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Samosir hanya tinggal 2 minggu lagi yaitu 31 Oktober 2019. Para calon kepala desa pun semakin aktif bersosialisasi untuk menarik simpati dan suara rakyat.

Hal yang sama disampaikan seorang calon Kades Desa Lumban Pinggol, Adian Malau ketika berbincang dengan Wartawan disekitaran SD (Sekolah Dasar)  Negri 5 No 173741, Desa Lumban Pinggol, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, pada Senin (21/10/2019)

"Bila Tuhan berkehendak dan rakyat Desa Lumban Pinggol memilih saya sebagai Kepala Desa, perhatian utama saya adalah Pembangunan SDM, salah satunya melalui pendidikan, khususnya SD N 5 yang berada di Desa ini, mayoritas adalah anak anak dari masyarakat Desa Lumban Pinggol," ujar Adian Malau.

Adian Malau yang juga Ketua Komite di SD N 5 Pangururan ini menyampaikan yang menjadi perhatiannya adalah pembbangunan SDM, supaya anak anak yang lulus dari SD khususnya dari masyarakat Desa tersebut dapat bersaing dengan SD yang lain di tingkat SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama).

"Pembangunan yang prioritas adalah SDM, oleh karena itu pendidikan menjadi dasar untuk membangun SDM, Saya ingin anak anak yang tamat dari sekolah khususnya masyarakat desa Lumban pinggol yang berada di sekolah ini dapat bersaing kwalitas pendidikanya dengan SD yang lain di tingkat SLTP, yang sebelumnya, dulu SD ini cukup berprestai," tegasnya.

Menurutnya, Dana Desa bukan lagi satu satunya anggaran yang diharapkanya untuk membangun Desa karena dana dari APBD dan APBN juga dapat digodok untuk memajukan suatu desa termasuk Desa Lumban Pinggol.

"Membangun Desa Lumban Pinggol tidak harus dari Dana Desa Saja, kita juga bisa buat permohonan ke dinas yang ada di Kabupaten Samosir, misalnya dinas PUPR dan dinas Tarukim (PERAKPP, red). Selain itu kita juga bisa mengharapakan dana dari Kemendes (Kementrian Desa, red) dan masih banyak pembangunan pembangunan yang berjenis Swakelola yang bisa kita harapkan untuk membangun Desa kita," bebernya.

Selain pembangunan SDM dan pendidikan, pembangungan karakter masyarakat Desa juga merupakan hal yang paling utama lebih baik lagi, supaya dapat mengerti dan menerima pembangunan tersebut.

"Kita perlu membangun karakter masyarakat supaya lebih baik lagi, jangan ada pro dan kontra, sebab kita semua adalah saudara yang masih terikat Dalihan Natolu, siapapun Kepala Desa yang terpilih adalah pilihan bersama dan perlu kita pahami, saya mohon kepada masyarakat mari kita pilih Kepala Desa yang betul betul mau menjadi Pelayan bagi masyarakat bukan sebagi Raja," sebut mantan Ketua BPD periode 2007-2013.

Dalam membangun desa kedepannya, Adian Sandris Malau yang juga Perangkat Desa Lumban Pinggol ini akan menerapkan filosofi batak yaitu "Hita do Saonari, Hita do Marsogot, Hita do Haduan."

(gb-pardo)

Loading...