Pasca Bencana Alam di Sianjurmula, Pemkab Samosir Bagi Bantuan Tali Asih

VIDEO

Pasca Bencana Alam di Sianjurmula, Pemkab Samosir Bagi Bantuan Tali Asih

Green Berita
Rabu, 16 Oktober 2019

Wakil Bupati Samosir Berikan Bantuan Kepda Warga Yang Tertimpa Bencana di Sianjurmula
SIANJURMULAMULA, GREENBERITA.com - Bencana banjir merupakan suatu momok yang paling tidak diinginkan oleh manusia khususnya para petani, karena akan menyebabkan kerusakan bagi tanamannya.

Bencana banjir beberapa kali menerjang tanaman petani di Kecamatan Sianjur Mula-Mula, Kabupaten Samosir.

Yang pertama pada akibat tingginya curah hujan mengakibatkan lebih dari 5 hektar lahan atau areal pertanian di tiga desa, yakni Desa Sarimarrihit, Desa Habeahan Naburahan, dan Desa Aek Sipitudai, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir dihantam banjir pada Kamis (21/3/2019) sekitar pukul 16.00 WIB.
Lalu pada Selasa (21/05/2019) sekitar pukul 9 malam banjir kembali menerpa lahan pertanian bawang Desa Sarimarihit, penyebab nya diduga akibat tingginya curah hujan sementara pepohonan penahan air sudah sedikit akibat ditebangi di Hilir.

Derasnya debit air yang mengalir dari hilir ke sungai disekitar perladangan petani membuat air meluap ke ladang yang sudah ditanami tanaman bawang.

Menyikapinya, Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan bantuan berupa Tali Asih kepada kepada 91 kepala keluarga korban di Balerong Onan Baru Desa Sipitudai Kecamatan Sianjurmula pada Senin, (14/10/2019).

"Kami menyampaikan turut prihatin atas kejadian bencana alam kepada warga, karenaya kami hari ini menyalurkan bantuan tali asih sebagai boras sipirnitondi kepada keluarga yang mengalami musibah atau bencana banjir lahan pertanian yang mengakibatkan gagal panen kepada 91 Kepala Keluarga," ujar Juang Sinaga, Wakil Bupati Samosir,

Turut juga disalurkan bantuan kepada satu kepala keluarga korban kebakaran di Desa Siboro dan satu kepala keluarga korban puting beliung Desa PartungkotNaginjang Kecamatan. Harian

Bersama Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga turut hadir Kadis Sosial Paris Manik, Kadis Pertanian Viktor Sitinjak, Kaepala BPBD Mahler Tamba, Kadis Kominfo Rohani Bakara  Camat Harian, Camat Sianjur Mulamula, Camat Pangururan, Camat Nainggolan, Kabag.Kesos Jonner Manurung, Kades Aek Sipitudai, Kades Habeahan Naburahan, Kades Sarimarihit, Kades Siboro, Kades Partungko Naginjang, 

(gb-pardo)

Loading...