Kabut Asap Selimuti Samosir, Pemkab Bagi Masker Gratis Bagi Warga

VIDEO

Kabut Asap Selimuti Samosir, Pemkab Bagi Masker Gratis Bagi Warga

Senin, 23 September 2019

Pemkab Samosir melalui Sekda Jabiat Sagala dan team Lakukan Pembagian Masker Gratis Mengurangi Dampak Buruk Kabut Asap Tebal Akibat Karhutlah di Pangururan, Senin (23/9/2019)
SAMOSIR, GREENBERITA.com- Kabut asap yang semakin pekat akibat kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di daerah Riau, kini merambat keberbagai daerah diluar Provinsi Riau termasuk Kabupaten Samosir di Propinsi Sumatera Utara.

Dalam waktu tiga hari ini, Samosir diselimuti kabut asap yang cukup tebal hingga jarak pandang hanya mencapai ratusan meter.

Menyikapi kejadian tersebut, secara spontanitas Pemerintah Kabupaten Samosir membagi bagi Masker gratis di Simpang Empat gereja HKBP Pangururan, Pada Senin (23/9/2019) sekitar pukul 09:00 WIB.

Masker tersebut dibagikan kepada setiap pengendara yang melintas dari Simpang Empat HKBP Bolon dari mulai Mobil, Becak, Speda Motor dan juga bagi para pejalan kaki.

Pembagian Masker tersebut diadakan dengan pembiayaan secara spontanitas dari Seluruh SKPD Kabupaten Samosir dengan keiklasan masing masing.

Hal ini dibenarkan Bupati Samosir melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jabiat Sagala ketika dikonfirmasi greenberita.com pada Senin,  (23/9/2019).
Menurutnya kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Samosir terhadap kesehatan masyarakat.

"Karena kondisi saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, maka kita membagi bagikan Masker kepada Masyarakat, untuk menjaga atau antisipasi dini menjaga kesehatan Masyarakat, "ujarnya.

Tambahnya bahwa biaya pembagian Masker tersebut tidak dianggarkan dari anggaran Pemkab Samosir melainkan partisipasi sukarela dari setiap SKPD Kabupaten Samosir.
"Perlu juga kita informasikan, bahwa ini bukan biaya dari kantor, tapi ini adalah partisipasi dari setiap instansi secara spontanitas," ungkapnya.

Kemudian Jabiat berharap kepada Masyarakat supaya, jangan sembarangan melakukan pembakaran lahan karena, bisa berdampak buruk bagi kesehatan,
"Kita  menghimbau kepada seluruh masyasakat,  kita jangan sembarangan melakukan pembakaran Lahan karena, ini bisa berakibat buruk bagi kesehatan, "Harapnya.

Ditempat yang sama, Kadis Kesehatan Dr.Nimpan Karo Karo minta warga untuk banyak konsumsi air minum dan vitaminC.

"Selain dari menggunakan masker ini, saya sarankan juga kepada masyarakat untuk mengkonsumsi air putih yang banyak dan kalau tidak ada yang perlu, lebih baik tidak usah keluar Rumah dulu. " terang Nimpan Karo Karo.

Pantauan awak media dilapangan, selain Sekda Samosir dan Kadis Kesehatan, ada juga Kadis Pendidikan, Kadis kominfo Rohani Bakkara turut serta melakukan aksi pembagian masker dibantu beberapa pegawai dari berbagai SKPD. Untuk pengamanan Lalu lintas juga turut dari Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir.

(gb-frans)

Loading...