Disela Haornas, Aksi Donor Darah PMI Samosir Kumpulkan 27 Kantong Darah -->

VIDEO

Disela Haornas, Aksi Donor Darah PMI Samosir Kumpulkan 27 Kantong Darah

Green Berita
Minggu, 22 September 2019

PMI Samosir Melakukan Aksi Donor Darah di Tanah Lapang Pangururan Disela Haornas Tingkat Kabupaten Samosir, Jumat, (20/9/2019)
SAMOSIR,GREENBERITA.com- Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) tingkat Kabupaten Samosir Sumatera Utara, berlangsung meriah dengan dimulai senam massal yang diikuti seribuan peserta dan dilanjutkan dengan kegiatan upacara resmi yang dipimpin Sekretaris Daerah Samosir sebagai Pembina Upacara.

"Didunia milenial saat ini, kegiatan olahraga sudah menjadi kebutuhan setiap warga untuk menjaga kesehatan dalam aktifitas kesehariannya. Karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat untuk bersama membangun bangsa dan negara yang lebih kuat dan maju sebagai sebuah cita-cita para pendiri bangsa," ajar Sekda Samosir, Jabiat Sagala ketika membacakan sambutan dari Kementrian Olahraga RI di Tanah Lapang Pangururan, Samosir, Jumat, (20/9/2019).

Disela kegiatan Haornas tersebut, Palang Merah Indonesia melaksanakan Aksi Donor Darah kepada seluruh peserta Haornas dan masyarakat sekitarnya. Antusias warga cukup banyak dengan padatnya stand PMI Samosir yang hendak melakukan registrasi pendaftaran.

Hal itu dibenarkan Ketua PMI Samosir melalui Sekretarisnya Fernando Sitanggang ketika dikonfirmasi greenberita.com dilokasi Aksi Donor Darah PMI Samosir, Tanah Lapang Pangururan pada Jumat, (20/9/2019).

"Antusias warga yang hendak mendaftar sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya warga yang melakukan registrasi, namun karena staf kita dan kantong darah yang terbatas banyak warga yang mengurungkan niatnya. Aksi donor darah ini berhasil mengumpulkan 26 kantong darah untuk kemudian akan  kita serahkan kepada RS. Hadrianus Sinaga untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan pasien disana nantinya," ujar Fernando.

Menurutnya, ada 33 peserta yang melakukan registrasi, namun yang mengikuti donor darah hanya 29 orang dan yang berhasil menyelesaikan sampai selesai mendonor hanya 26 orang. "Ada 3 pendonor yang gagal karena darahnya tidak maksimal keluar dan satu lagi tiba-tiba keringat dan naik tensinya sehingga kita batalkan untukmencegah hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Kepala BPS Samosir, Azantaro sangat antusias Menyumbangkan Darahnya Untuk Kemanusiaan
Salah seorang peserta Aksi Donor Darah PMI Samosir bernama Azantaro menyambut baik aksi ini. "Donor darah, selain berbagi kebaikan untuk sesama, juga sangat baik untuk kesehatan diri. Saya rutin melakukannya dan bahagia berbagi," ujar Kepala BPS Samosir yang baru beberapa hari tiba di Samosir ini.

Aksi Donor Darah PMI Samosir ini bekerjasama dengan RS.Hadrianus Sinaga untuk mengatasi seringnya terjadi kekosongan stok darah baik di RS.Hadrianus Sinaga maupun Puskesmas yang ada diseluruh Kabupaten Samosir.

(gb-frans)

Loading...