Polres Samosir: Penyelidikan Dugaan Korupsi Anggaran Pilkada 2015 di KPU Sudah Selesai

VIDEO

Polres Samosir: Penyelidikan Dugaan Korupsi Anggaran Pilkada 2015 di KPU Sudah Selesai

Green Berita
Senin, 03 Juni 2019

Kapolres Samosir Melalui Unit Tipikor Sebut Penyelidikan Dugaan Korupsi Anggaran Pilkada 2015 di KPU Samosir Sudah Selesai

PANGURURAN,GREENBERITA.com- Kepolisian Resor Samosir melakukan pertemuan dengan para kaum jurnalis dan LSM seluruh Kabupaten Samosir dalam rangka Silaturahmi menyambut liburan lebaran di Aula Wira Satya Polres Samosir, Senin, (3/6/2019.

Pada pertemuan yang dipandu langsung Kapolres Samosir, AKBP. Agus Darojat, S.Ik bersama seluruh Kasat dan stafnya, dipertanyakan beberapa hal oleh jurnalis termasuk Dugaan Tindak Pidana Korupsi pada Penggunaan Anggaran Belanja Hibah yang bersumber dari APBD TA. 2015 pada KPU Kabupaten Samosir.


"Sudah bagaimana mana sejauh ini tentang penetapan kasus dugaan anggaran pilkada tahun 2015," ujar Hotdon Naibaho dari Harian Andalas.

Mendapati pertanyaan tersebut, Kapolres Samosir melalui Unit Tipikor Polres Samosir Roni Marbun pun menjawap dengan gamblang, bahwa kasus dugaan anggaran Pilkada 2015 tersebut sudah selesai penyelidikannya dan berdasarkan hasil pemeriksaan dari Inspektorat Pemkab Samosir, bendahara KPU Samosir telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp.27.950.000,- (Dua puluh tujuh juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).

"Kita sudah melakukan penyelidikan untuk dugaan tindak pidana korupsi anggaran Pilkada 2015 yang berasal dari APBD Samosir untuk KPU Samosir. Kita sudah melakukan penyelidikan dan kita sudah meminta hasil pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Samosir dan telah disampaikan hasilnya dan terdapat kelebihan pembayaran sebesar  Rp.27.950.000. Dan keterangan dari bendahara KPU Samosir atas nama Rumondang Limbong pada saat itu telah melakukan pengembalian kelebihan pembayaran tersebut sebesar senilai besaran yang ditemukan oleh Inspektorat. Jadi untuk saat ini penyelidikan sudah selesai dan untuk pembayarannya telah dikembalikan ke Kas Daerah," ujar Roni Marbun.

Ditambahkan lagi oleh Hotdon Naibaho, berarti untuk dugaan korupsi kasus dugaan anggaran pilkada tahun 2015 di KPU Samosir berati sudah clear?
"Jadi untuk penyelidikan ini, sudah selesai sampai saat ini, terimakasih," pungkas Roni Marbun.

(green-anggi)
loading...