Kebersihan Batu Hoda Beach Jadi Daya Tarik Pengunjung di Hari Libur Nyepi

VIDEO

Kebersihan Batu Hoda Beach Jadi Daya Tarik Pengunjung di Hari Libur Nyepi

Mariati Sihotang
Jumat, 08 Maret 2019

SIMANINDO, GREENBERITA .com - Walau hari libur Nyepi namun umlah pengunjung dibeberapa objek wisata pantai di Kabupaten Samosir, seperti Pantai Indah Situngkir, Pantai Tandarabun, terpantau sedikit lesu.

Namun hal itu tidak terjadi dengan objek wisata Pantai Batu Hoda Beach yang berada di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Pantai yang dibuka pada akhir Agustus 2018 itu, walau tak seramai saat libur Imlek Februari lalu yang didatangi ribuan pengunjung, pada libur hari raya Nyepi 2019 yang jatuh pada tanggal 7 Maret, pantauan wartawan Kamis (7/3/2019), lebih ramai pengunjung.

Untuk masuk ke objek wisata ini pengunjung rela membayar tiket masuk Rp 14.000/orang, parkir roda empat Rp 10.000, roda dua Rp 5.000, gratis gazebo dan toilet.
Dan hingga pukul 14.00 WIB, sudah dikunjungi sekitar 400 pengunjung domestik.

"Ini sedikit menurun, beda saat libur Imlek kemarin. Ada ribuan pengunjung yang memadati pantai ini. Libur Nyepi hari ini, masih sekitar 400 pengunjung yang datang," kata salah satu pihak pengelola yang enggan disebutkan namanya.

Menurutnya, pantai yang setiap harinya buka mulai pukul 09.30 WIB, khusus untuk balita tidak dikenai tiket masuk. Sementara untuk sewa banana boat Rp 40.000/orang, tikar Rp 15.000 tanpa hitungan jam, ban Rp 10.000 hingga puas, dan tersedia menu makanan nusantara, serta menyediakan mushola.

"Balita tidak kita tiket. Dan tiket Rp 14.000/orang sudah termasuk bebas menggunakan fasilitas seperti toilet, gazebo dan foto spot yang kita sediakan," ucapnya.

Suasana di Pantai Batu Hoda Beach libur hari raya Nyepi, 7 Maret 2019.
Disampaikan juga, di Batu Hoda Beach, lebih mengutamakan kebersihan, dan tidak diperbolehkan berjualan didalam selain pengelola, agar pengunjung bebas menikmati lokasi pantai dari setiap sudut.

Lebih lanjut disampaikan, di Batu Hoda Beach, ada 2 orang yang dipekerjakan oleh manajemen pengelola khusus menangani kebersihan. Dan 20 persen dari Rp 14.000/orang untuk tiket masuk, itu disetorkan oleh manajemen kepada Pemerintah Kabupaten Samosir sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Yang pasti, sudah banyak pengunjung yang datang kesini, baik lokal maupun mancanegara. Termasuk Pak Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah sudah kemari usai menghadiri perayaan hari jadi ke-15 Kabupaten Samosir, 27 Februari lalu," pungkasnya.

Tercatat, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga pernah hadir ketempat ini.
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bersama rombongan Alumni Lemhanas Angkatan ke 45 tahun 2011 mengunjungi Pantai Batu Hoda pada Sabtu, (1/12/2018).

Ketika itu, Gubernur Sumatera bersama rombongan sangat antusias menikmati keindahan pantai ini terutama batu geopark yang merupakan salah satu geosite yang dinilai oleh assesment dari Unesco Global Geopark (UGG) beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dua orang pengunjung warga Tarutung yang kini tinggal di Medan, Diego Sinambela dan Natalia Purba, kepada greenberita.com mengaku bahwa Pantai Batu Hoda Beach jauh lebih bersih dari Pantai Pasir Putih yang sudah pernah mereka kunjungi sebelumnya.

"Bagus pantai ini, bersih, udaranya sejuk karena banyak pepohonan. Fasilitas seperti gazebo dan toilet gratis. Tiket masuk Rp 14.000/orang, menurut kami standar lah. Yang kurang, belum ada sarana bermain untuk anak-anak," ucap Diego Sinambela.

Kata Diego, dari beberapa tempat yang sudah mereka kunjungi di Samosir, seperti Bukit Holbung, sudah cukup bagus. "Yang pasti alam Samosir sejuk, enak lah untuk dikunjungi, apalagi saat musim libur seperti hari ini," tutup Diego.
(red)


loading...