Notification

×

Iklan

Iklan

Mau Nikmati Stik Andaliman Khas Pangururan? Ke Samosir Yuk..

28 Jan 2019 | 19:18 WIB Last Updated 2019-11-10T13:48:30Z
Stik Andaliman dari Pangururan Samosir
PANGURURAN,GREENBERITA.com - Menikmati Pizza rasa Andaliman pastinya sudahlah sering kita rasakan. Namun, kalau Stik rasa Andaliman, tentunya hal yang baru bagi kita.

Dilatari banyak nya jenis rempah-rempah di Samosir, menjadikan ibu rumah tangga ini berinovasi untuk membuat jajanan dari rempah-rempah tersebut.

Bertempat di Desa Parlondut, Pangururan, Mersaulina Fide, (41 thn) mencoba mengubah andaliman menjadi stik atau makanan ringan yang enak untuk di cicipi.

Hasil nya, cukup mengesankan dan digemari banyak orang. Bahkan Stik Andaliman ini telah mempunyai P-IRT yang dikeluarkan Dinas Kesehatan, Kabupaten Samosir, sehingga stik ini di jamin aman bagi kesehatan.

Ketika dikonfirmasi GREENBERITA.com, Senin (28/01/2019) perihal apa yang menjadi alasan dan inspirasi membuka usaha Stik Andaliman ini,  jawabannya cukup sederhana.

"Andaliman ini anugerah Tuhan bagi masyarakat Batak, dan kita pun harus punya inspirasi mengelola nya dengan baik. Akhirnya saya bertekad dan memiliki komitmen yang tinggi untuk membuat usaha tersebut, selain mengembangkan bakat para ibu juga dapat menambah penghasilan keluarga," ujar Mersaulina Silitonga.
Marsaulina Silitonga
Dalam pemasaran Stik Andaliman ini, Marsaulina memanfaatkan media sosial untuk menjual hasil produksi usahanya.

Selain itu, penikmat Stik Andaliman yang sudah jadi jajanan warga Pangururan ini juga dapat membelinya langsung di desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, Samosir.

Marsaulina yang juga aktif sebagai guru sekolah minggu HKBP Buhit ini juga bukan hanya menyediakan stik andaliman saja, namun masih ada beberapa varian rasa yang dimilikinya.

"Ini merupakan pemanfaatan dan pengembangan teknologi. Jika ingin mengetahui cara pembuatan nya, datang aja ke rumah produksi Fide cake and stik, di Dusun Tiga Urat Buhit, simpang tiga Doorsmer Budi, Desa Parlondut, Pangururan," pungkasnya. (Anggi Sitanggang)