DPRD Nyatakan Keheranan Atas Lambatnya Distan Samosir Rilis Poktan Penerima Alsintan -->

VIDEO

DPRD Nyatakan Keheranan Atas Lambatnya Distan Samosir Rilis Poktan Penerima Alsintan

Green Berita
Senin, 14 Januari 2019

Alsintan di Dinas Pertanian Samosir Belum Dibagi Kepada Para Petani,Senin, (14/1/2019)
PANGURURAN,GREENBERITA.com - Pimpinan DPRD Samosir melalui Wakil Ketuanya, Jonner Simbolon melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Samosir pada Senin, (14/1/2019) di Kompleks Perkantoran Parbaba, Pangururan, Samosir.

Setelah melakukan pemeriksaan atas Alsinta (Alat Mesin Pertanian) yang terletak disekitar Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Samosir, Jonner Simbolon lalu melakukan pertemuan empat mata dengan Sekretaris Dinas Pertanian Samosir, Jhunellis Sinaga, MSTi.

Wakil Ketua DPRD Samosir, Jonner Simbolon.
Pasca pertemuan, Jonner Simbolon menyatakan keheranannya atas lambatnya pembuatan rilis nama Kelompok Tani (Poktan) calon penerima Alsinta yang berasal dari hibah Kementrian Pertanian RI, yang oleh banyak kalangan dipolitisir karena tahun 2019 adalah tahun politik.

"Saya heran dengan lambatnya Dinas Pertanian Samosir memberikan rilis nama-nama kelompok tani calon penerima mesin-mesin alat pertanian ini. Ada apa ya?" heran Jonner Simbolon.

Menurut Jonner Simbolon, idealnya data penerima poktan penerima Alsintan ini harusya sudah ada peruntukannya sebelum mengajukan proposal permohonan kepada Kementrian RI.

"Sebelum proposal disampaikan kepada Kementrian RI, nama-nama poktan penerima Alsintan itu idealnya sudah ada kian peruntukannya sebelum diajukan proposalnya atau by proposal dan bukan justru dicari disini penerimanya setelah semua Alsintan datang dari Kementrian Pertanian. Semua itu by proposal dan dimasukkan juga melalui e-proposal, lalu diverifikasi langsung kementrian dan bukan ujuk-ujuk diterima kementrian," jelas Jonner Simbolon.



Sebelumnya, ketika media ini meminta daftar nama penerima Hand Traktor dan Cultivator tersebut, Jhunellis Sinaga sebagai Sekretaris Dinas pada Kamis, (10/1/2019), mengaku belum  dapat memberikannya karena Kepala Bidang Pengolahan Lahan dan Air (PLA) yang menanganinya belum membuat daftar penerima poktan penerima Alsintan, dan ketika media ini menjumpai Kabid PLA juga tidak berada ditempat pada jam kerja.

"Maaf, kami belum dapat memberikannya karena kabid yang menanganinya belum menyusun daftarnya dan beliaupun sedang tidak berada ditempat," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Jhunellis Sinaga yang diamini staf Kabid PLA Distan Samosir.

(tanbw)




Loading...