Dinas Pariwisata Sumut Siap Dukung Nias Tuan Rumah Sail Indonesia 2019 -->

VIDEO

Dinas Pariwisata Sumut Siap Dukung Nias Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Green Berita
Minggu, 20 Januari 2019


Kadis Pariwisata Sumut DR. Hidayati dan Kadis KB & Kependudukan Dr. Ria Telambuana Siap Sukseskan Nias Sail 2019
NIAS,GREENBERITA.com  - Pemerintah RI melalui Kementerian Koordinator Kemaritiman akhirnya resmi menunjuk Nias di Provinsi Sumatera Utara, sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019. Sail Indonesia sendiri merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009 lalu. Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 lalu, yaitu Sail Moyo Tambora. Kali ini, giliran Nias yang didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia di 2019 mendatang.

Hal ini dikatakan Asisten Deputi Budaya, Seni dan Olahraga Bahari, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kosmas Harefa dalam FGD Diskusi Kelompok Terpumpun di Pendopo Bupati Nias Selatan, Senin (19/11/2019) lalu.

“Kali ini, giliran kabupaten dan kota yang ada di Kepulauan Nias yang didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia di 2019 mendatang. Penunjukan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia ini pun tentu bukan tanpa alasan. Kabupaten Nias Selatan yang menampilkan beragam atraksi pada acara Ya'ahowu Nias Festival 2018 yang berlangsung tanggal 16-20 November 2018 yang dianggap mampu menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegar .Kami sudah melihat bagaimana atraksi budaya di Desa Bawomataluo, sungguh luar biasa atraksi budaya yang ditampilkan oleh masyarakat Bawomataluo, “ ujar Kosmas Harefa.

Sementara itu, penunjukan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 diapresiasi oleh Kepala dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Sumatera Utara Dr. Hj. Hidayati.
Apresiasi ini ditujukan kepada seluruh pemerintah daerah se-Kepulauan Nias yang menjadi penyelenggara Sail Indonesia 2019 ketika menghadiri rapat forum kepala daerah (FORKADA ) se-Kepulauan Nias di Gedung Serba Guna Salak Madu Gunungsitoli Selatan, Rabu, ( 19/12/18 ).

Selain dihadiri seluruh Kepala dan Wakil Kepala Daerah se -Kepulauan Nias, pertemuan itu juga dihadiri Investor dari Singapura ( Cithir Enuiroech Group ) bidang pengembangan sistem penyediaan air minum ( SPAM) serta ketua dan anggota DPRD se – Kepulauan Nias, unsur Muspida, tokoh masyarakat, tokoh Agama, dan Pers / LSM se – Kepulauan Nias.

Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Pemprovsu Dr. Hj. Hidayati mengapresiasi perjuangan pemerintah daerah se- Kepulauan Nias, yang mendapat kepercayaan dari Menko Kemaritiman RI sebagai penyelenggara Sail Indonesia 2019 nanti.
“Kita apresiasi seuruh pemerintahan dikepulauan Nias dalam upayanya mencapai Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 dan secara khusus saya berikan nilai yang tinggi pada gambar perencanaan pembangunan lokasi ikon wisata pada masing -masing kabupaten dan Kota se – Kepulauan Nias, dimana tampilannya sangat indah dan menarik,” ujar Hidayati.
Pihaknya juga berharap agar kerjasama yang baik antar pemerintah daerah se- Kepulauan Nias dengan Pemprovsu selama ini dapat terus dilakukan guna suksesnya Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019 sehingga dapat menciptakan pembangunan dalam mensejahterakan masyatakat Pulau Nias.
(tanbw)

Loading...