Notification

×

Iklan

Iklan

TNI Bantu Petani lakukan Penyemprotan Hama Keong Mas

19 Nov 2018 | 19:06 WIB Last Updated 2019-11-10T13:33:36Z

SERGAI,  GREENBERITA.com - TNI (Tentara Nasional Indonesia) melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Ahmad melaksanakan kegiatan Hanpang membantu penyemprotan hama padi keong mas dilahan milik Arsadi  seluas 15 rante.

Adapun jenis padi yang ditanam Infari (32), seorang petani dibawah naungan  kelompok tani Maju Butar Butar, Desa Pematang Pelintahan  Kecamatan Sei Rempah  Kabupaten Serdang bedagai Sumatera Utara,Senin (19/11/2018).

Pengendalian hama dengan cara melakukan penyemprotan tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan agar hama kepinding tanah pada padi yang berumur baru satu bulan tidak semakin banyak dan berkembang karena hama dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi nantinya.

"Datangnya hama berupa kepinding dan hama lainnya seperti siput, keong mas serta wereng merupakan hal yang lumrah pada saat musim tanam, namun dengan adanya penyuluhan dan sosialisasi yang diadakan oleh PPL didampingi Babinsa, permasalahan tersebut akan bisa diatasi dengan upaya penyemprotan, perburuan atau bentuk pencegahan lainnya," ujar Infari.

Komandan Koramil 10/SR , Kapten Arh Liston B.Situmeang, mengingatkan Babinsa dan jajarannya agar mencari kendala dan problem petani yang ada di lapangan.

"Setelah kendala ditemukan, agar dikordinasikan dengan PPL, kemudian dilakukan tindakan penyelesaian dan kegiatan nyata di lapangan," Kapten Arh Liston B.Situmeang.

Dia juga meminta agar kehadiran Babinsa dalam upaya pencapaian swasembada pangan di wilayah Koramil dapat tecapai sesuai harapan jajaran komando atas.

Sementara itu Kepala UPTD Tanaman Pangan Kecamatan Sei Rempah juga mengharapkan adanya sinergitas antara Babinsa dan PPL di lapangan serta selalu erat agar dapat menutupi kekurangan satu sama lain, sehingga kerjasama yang terjalin dapat menorehkan keberhasilan berupa peningkatan poduksi gabah oleh petani. (tanbw)