5 Aturan Saat Naik Pesawat Ketika Hamil

VIDEO

5 Aturan Saat Naik Pesawat Ketika Hamil

Rabu, 07 November 2018

Ilustrasi
Green Berita - Saat hamil, akan ada beberapa aturan yang harus Anda penuhi. Terkadang hal tersebut dapat membatasi ruang gerak ibu hamil. Namun aturan tersebut tetap harus dipatuhi demi keselamatan ibu dan janin. Salah satu yang sering menjadi pertanyaan bagi ibu hamil adalah aturan saat harus berpergian dengan pesawat. Ada beberapa orang yang melarang ibu hamil untuk naik pesawat. Padahal ibu hamil boleh saja naik pesawat, selama tidak mengalami gangguan kesehatan.

Perjalanan dengan pesawat sebaiknya Anda jalani setelah memasuki trimester kedua. Pada waktu tersebut, kondisi kehamilan Anda sudah lebih stabil. Meski begitu, sebaiknya Anda mengikuti panduan naik pesawat berikut ini:

1. Konsultasi dengan dokter

Kondisi kehamilan setiap orang berbeda-beda. Anda sebaiknya mengonsultasikan kehamilan Anda sebelum naik pesawat. Bila dokter sudah mengizinkan Anda untuk naik pesawat, maka Anda boleh berangkat. Namun jangan memaksakan diri bila dokter melarang Anda untuk naik pesawat. Jangan lupa untuk meminta surat rekomendasi dari dokter. Kebanyakan maskapai mewajibkan penumpangnya untuk menunjukkan surat rekomendasi tersebut saat ingin terbang dalam keadaan hamil.

2. Pilih tempat duduk

Sebaiknya Anda memilih tempat duduk di dekat lorong dan toilet. Hal tersebut dapat memudahkan Anda saat merasakan mual di dalam pesawat. Duduk di dekat lorong juga dapat memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan saat menempuh perjalanan lebih dari dua jam.

3. Gunakan kaus kaki

Ibu hamil memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami pembekuan darah, saat berada di dalam pesawat terbang. Anda sebaiknya meminimalisasi risiko tersebut. Gunakanlah kaus kaki atau stoking sampai lutut. Hal tersebut dapat membuat peredaran darah Anda menjadi lebih lancar.

4. Minum air putih

Usahakan untuk mendapatkan cukup cairan. Dehidrasi dapat memperbesar terjadinya pembekuan darah. Anda sebaiknya tetap minum meski suhu kabin pesawat tidak membuat Anda merasa haus.

5. Tanyakan penggunaan masker oksigen

Ibu hamil berisiko mengalami sesak napas saat berpergian dengan pesawat terbang. Tanyakanlah pada petugas di dalam pesawat, dimana letak masker oksigen yang dapat digunakan. Pahami juga cara menggunakannya.(Beritasatu)
loading...