Notification

×

Iklan

Iklan

Tetiba Propam Polda Sumut Datangi Polres Samosir, Apa Gerangan?

21 Mar 2024 | 14:25 WIB Last Updated 2024-03-21T07:25:53Z
 
Propam Polda Sumut Datangi Polres Samosir
:(gb/doc/ist)

GREENBERITA.com- Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sumut secara tiba-tiba mendatangi Polres Samosir. 

Adapun tujuan kedatangan bidang Propam Polda Sumut yang dipimpin Kanit Hartib Subbid Provos AKP Natal F. Saragih guna mewujudkan dan meningkatkan norma dan sikap kedisiplinan Personil Polres Samosir.

Bersama 3 orang personilnya, AKP Natal F. Saragih melaksanakan sidak terhadap Personil Polres Samosir dalam Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktibplin), pada Kamis Pagi (21/03/2024). 

Pejabat Sementara Kasipropam Polres Samosir IPDA Darmono mengatakan, kegiatan Gatiplin ini dilakukan untuk menegakkan kedisiplinan anggota dan meminimalisir, serta mencegah terjadinya pelanggaran yang dilakukan oleh seluruh anggota Polres Samosir, guna terhindar dari permasalahan baik Disiplin maupun kode Etik Profesi Polri.

"Jika ditemukan anggota yang melakukan pelanggaran, langsung diberikan penindakan ditempat guna memberikan efek jera, seperti personil Polres Samosir berpakaian Dinas Polri namun ditemukan berambut tidak sesuai aturan dan langsung dilakukan pemotongan rambut di lapangan Mako Polres Samosir," ujar Ipda Darmono. 

Kasipropam Polres Samosir ini juga menuturkan untuk sasaran Gaktibplin ini adalah sikap tampang, seragam yang rapi, atribut kepolisian yang wajib digunakan, Surat Nyata diri diantanya kartu anggota, serta kelengkapan SIM dan STNK maupun KTP. 

"Pemeriksaan Ruang Tahanan, Ruang SPKT, Ruangan Penjagaan Sat Samapta dan Gudang Senjata juga dilakukan,* jelasnya. 

Hasil sidak terhadap personil Polres Samosir terlihat dalam keadaan rapi dan ruangan yang diperiksa dalam keadaan aman, bersih dan masih sesuai dengan aturan. 

Tim Bid Propam Polda Sumut juga melakukan Tes Urine terhadap 12 orang personil Polres Samosir yang dipilih secara acak dari barisan apel pagi yakni 2 orang perwira dan 10 orang bintara. 

"Tes Urine menggunakan alat dan dicek langsung oleh dokter Ganda Nainggolan, dengan hasil seluruh personel negatif mnggunakan narkoba," jelasnya lagi. 

Diakhir kegiatan, Bid Propam Polda Sumut juga memeriksa kendaraan dinas Polres Samosir diantaranya, pemeriksaan kelengkapan, keadaan mesin dari kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan terhadap kelengkapan pribadi personil pemegang kendaraan dinas meliputi SIM dan STNK. 

“Dengan diadakannya pemeriksaan Gaktibplin ini diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan, dan kesadaran anggota bahwasannya disiplin dalam diri menunjukkan kesiapan anggota dalam memberikan pelayanan kepada warga masyarakat,” pungkasnya.

Bid Propam Polda Sumut bersama Kasi Propam Polres Samosir juga melaksanakan penegakan ketertiban dan lalu lintas (gaktiblin) ke Polsek Jajaran Polres Samosir.


(Gb-ferndt01)