Notification

×

Iklan

Iklan

Bupati Samosir Pernah Janji Kampanye Buat Jaringan Irigasi, Warga Sinaga Uruk Pandiangan: Sampai Sekarang Belum Terealisasi

18 Mar 2024 | 18:20 WIB Last Updated 2024-03-19T13:26:32Z

 

Kondisi Tanah Persawahan yang Kering
:(gb/doc/ribkapdgn)

GREENBERITA.com- Sektor Pertanian masih merupakan sumber mata pencaharian utama pada masyarakat Kabupaten Samosir khususnya di Kecamatan Nainggolan. 

Banyaknya lahan hijau pertanian sudah menjadi hal utama yang dapat kita temui di Kecamatan Nainggolan, Kabupaten Samosir.

Namun, disayangkan masih banyak warga mengeluh mengenai lahan yang kering dan kerap kali terjadi gagal panen akibat kekurangan debit air ke lahan pertaniannya. 

Seperti yang terjadi di Persawahan Sipakko Desa Sinaga Uruk Pandiangan, sulitnya air jadi faktor utama terjadinya kegagalan panen. 
Hamparan Sawah Sipakko Desa Sinaga Uruk Pandiangan terancam gagal panen kekurangan air 


Salah satu tokoh pemuda Kecamatan Nainggolan, Juara Sinaga mengatakan bahwa saat masa kampanye Bupati Samosir Vandiko Gultom pada tahun 2020 yang lalu, salah satunya Vandiko Gultom menjanjikan pembangunan jaringan irigasi, namun hal ini belum terealisasikan sampai saat ini.

"Dulu pak Rapidin, Marhuale, Vandiko sudah pernah wawancara di persawahan, itu salah satu hal yang kami minta. Apabila Vandiko menang akan memerhatikan pembangunan irigasi dan aliran air. Tapi sampai sekarang belum ada itu terealisasi," ucap Juara. 

Terpisah, salah satu perangkat Desa Sinaga Uruk Pandiangan, Ivan Sinaga mengatakan bahwa sudah ada bantuan tapi dari provinsi untuk pembuatan irigasi, via panel Surya.

"Untuk sekarang, memang sudah di urus untuk pembuatan irigasi, tapi kami dapat bantuan dari Provinsi bukan Pemkab, tapi pakai panel Surya sistemnya. Itu dikerjakan tunggu selesai panen inilah. Kalau dari Pemkab sampai sekarang memang tidak ada, tapi mungkin Pemkab turut serta dalam mengarahkan saja," jelas Ivan Sinaga. 

Tercatat, Desa Sinaga Uruk Pandiangan mempunyai jumlah penduduk seribuan orang dan mayoritas berprofesi petani dengan hamparan puluhan hektar sawah.

(Gb-Ribka05/Org)