Notification

×

Iklan

Iklan

Sosialisasi KPU, Polres Samosir: Kita Berantas Money Politik, Intimidasi Pemilih dan Manipulasi Surat Suara

7 Feb 2024 | 12:57 WIB Last Updated 2024-02-07T09:45:10Z
 
Dalam sosialisasi KPU Samosir, Polres Samosir bertekad Berantas Money Politik, Intimidasi pemilih dan Manipulasi Surat Suara, (07/2)

GREENBERITA.com- Guna meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 14 Februari 2024, KPU Samosir menggelar kegiatan sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Hotel JTS pada Rabu, 07 Februari 2024.

Kegiatan yang dibuka Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak juga menghadirkan narasumber dari Kepolisian Resor Samosir dan Kejari Samosir. 


Kapolres Samosir diwakili Kabag Ops Polres Samosir Kompol Hasan, SH, MH menyatakan tekadnya untuk memberantas money politik, intimidasi kepada pemilih serta manipulasi surat suara. 

"Kami sudah menyebarkan personil Polres Samosir di titik-titik TPS sehingga hal yabg tidak di inginkan bisa kita minimalisir," ujar Kompol Hasan. 


Pihaknya juga bertekad akan memberantas adanya money politik, pengancaman untuk pemilih pada masyarakat serta manipulasi nya surat suara.

"Kami mengusahakan penahanan bagi masyarakat yang unjuk rasa atas kekalahan Paslon pilihan mereka serta bentrok yang terjadi karena ada nya pro kontra antara Paslon yang masyarakat pilih," tegas Kompol Hasan. 

Disebutkannya, Polisi juga akan berusaha meminimalisir potensi potensi yang rawan terjadi saat 14 Februari nanti dengan melaksanakan kegiatan cooling down sistem yaitu Himbauan kepada masyarakat serta patroli rutin ke lapangan. 

Sebelumnya diberitakan, dalam sosialisasi tersebut Ketua KPU Samosir Vincent Sitinjak juga memberikan sambutan untuk pembukaan sosialisasi. 


"Adapun acaranya ini secara khusus kita gagas dalam rangka menyampaikan laporan KPU kepada publik. Dikarenakan Bawaslu telah melakukan evaluasi terhadap pemilu 2019, banyak kesalahan teknis yang terjadi maka dari itu pemilu 2024 banyak mendapatkan perubahan salah satunya penyederhanaan formulir agar lebih mudah di mengerti masyarakat," ujar Ketua KPU Vincent Sitinjak.


Ia juga menyampaikan bahwasannya pengamanan hasil pemungutan dan penghitungan suara sudah dibantu oleh aplikasi yang sudah di upload langsung oleh setiap TPS.

"Sehingga publik bisa mengakses hasil suara dan kita bisa memberantas maraknya pembelian suara," jelas Vincent Sitinjak. 

Sementara itu, Bupati Samosir melalui Asisten I Pemkab Samosir menyatakan Assisten l, Tunggul Sinaga menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten Samosir telah menugaskan PNS pada sekretariat pemilihan kecamatan (PPK) dan sekretariat panitia pengawas pemilu kecamatan dan aparatur aparatur desa.

Pemerintah Samosir juga telah memfasilitasi sarana ruang sekretariat PPK yang berada di kantor kecamatan se-Kabupaten Samosir. 


"Tidak lupa kami juga melalui badan kesatuan Bangsa dan politik pada September 2023 telah melaksanakan sosialisasi pemilih pemula kepada siswa/siswi tingkat SMA sebagai salah satu upaya meningkatkan pendidikan politik bagi pemilih dan meningkatkan partisipasi masyarakat," ujar Tunggul Sinaga. 

Hadir pada kegiatan tersebut Kabag Ops Polres Samosir Kompol Hasan, SH, MH, Pabung Kodim Taput Kapten G Sebayang dan stakeholder lainnya. 


(Gb-Ribka05)