Notification

×

Iklan

Iklan

Berhasil Tingkatkan Penerimaan Pendapatan Pajak Daerah, Kajari Samosir Diganjar Penghargaan oleh Bupati Samosir

28 Feb 2024 | 11:10 WIB Last Updated 2024-02-28T04:11:31Z
 
Kajari Samosir menerima penghargaan dari Bupati Samosir berupa penghargaan atas keberhasilannya dalam peningkatan pajak daerah tahun 2023 (27/2)

 
GREENBERITA.com- Kejaksaan Negeri (Kejari) Samosir dinilai berhasil melakukan peningkatan pajak daerah Pemkab Samosir sepanjang tahun 2023.

Atas keberhasilan pencapaian tersebut, Pemkab Samosir melalui Bupati Samosir Vandiko Timotius Gultom memberikan penghargaan kepada Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Samosir disela acara Perayaan Dirgahayu Kabupaten Samosir ke-20 di Water Front City, Pangururan, Sumatera Utara. 

Penghargaan tersebut dibenarkan oleh Kajari Samosir Andi Adikawira Putera, SH MH ketika dikonfirmasi greenberita. 

'Benar, kita mendapatkan penghargaan atas dukungan peningkatan pajak daerah dan berterimakasih atas apresiasi kepada lembaga kejaksaan dan menjadi cambuk untuk lebih baik lagi membantu peningkatan pajak," ujar Andi Adikawira Putera. 
Kajari Samosir Andi Adikawira Putera SH, MH berhasil meraih penghargaan dari Pemkab Samosir, (27/2)


Menurutnya, salah satu upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah sektor pengumpulan pajak-pajak daerah yang tidak atau belum dibayarkan masyarakat. 

"Kami berdasarkan surat kuasa khusus yang diberikan oleh Pemkab Samosir, kami memulai dari pemungutan pajak bumi dan bangunan atau PBB pada masyarakat langsung," jelasnya. 

Berdasarkan hasil dari audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, peningkatan pajak daerah berhasil dari angka 60 persen menjadi 97 persen yang didapatkan setelah didampingi. 

"Secara nilai belum kita dapatkan, mungkin bisa dikonfirmasi kepada dinas pendapatan," tegas Andi Adikawira. 

Kedepannya Kejari Samosir bertekad terus menunaikan dengan baik apa yang menjadi kepercayaan Pemkab Samosir. 

"Ini merupakan PAD yang masuk ke kas daerah dan dapat digunakan kembali untuk pembangunan ke masyarakat," jelasnya. 

Kejari Samosir juga menghimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan sebagai upaya untuk peningkatan pembangunan di Kabupaten Samosir. 

"Kepada masyarakat yang mempunyai tanah atau lahan kami himbau untuk mendaftarkan ke BPN dan membayarkan pajak PBB sehingga itu akan memberikan status dan kepastian hukum untuk masyarakat," pungkasnya. 

**"(gb-ferndt01)