Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Hadiri Entry Meeting Pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Pemko Siantar oleh BPK RI Perwakilan Provsu

31 Jan 2024 | 21:04 WIB Last Updated 2024-01-31T14:04:10Z
 
Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Entry Meeting Pemko (31/01/2024)

GREENBERITA.com- Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan Interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar Tahun Anggaran (TA) 2023 yang dilaksanakan BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yang dihadiri langsung Kepala Perwakilan, Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA. Entry Meeting berlangsung di Ruang Serbaguna Pemko Pematangsiantar, Rabu (31/01/2024). 

BPK Perwakilan Provinsi Sumut akan melakukan pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah TA 2023 pada Pemko Pematangsiantar.

dr Susanti dalam sambutannya menyambut baik kehadiran BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut untuk melakukan pemeriksaan Interim Laporan Keuangan Pemko Pematangsiantar TA 2023. dr Susanti pun mengajak pimpinan OPD dan camat untuk menyamakan persepsi dalam pemeriksaan BPK. Selain itu, dr Susanti berharap kepada seluruh pimpinan OPD untuk dapat menyajikan laporan keuangan sesuai ketentuan perundang-undangan.

Pada kesempatan ini, dr Susanti menjabarkan kriteria laporan keuangan yang mencerminkan ketentuan, yakni disajikan secara wajar, terlaksananya sistem pengendalian internal yang efektif, laporan keuangan diungkapkan secara memadai, dan kepatuhan kepada peraturan perundang-undangan. 

"Untuk itu kami mohon arahan dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, agar kami dapat bekerja dengan sebaik-baiknya," pungkas dr Susanti. 

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut, Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pematangsiantar yang menempatkan BPK sebagai partner di dalam mendorong pengelolaan pertanggungjawaban keuangan daerah.

Dijelaskan Eydu, saat ini pihaknya diberikan amanah untuk melakukan pemeriksaan interim atas laporan keuangan pemerintah daerah. Ia berharap pemeriksaan interim ini jangan ditakuti, karena justru konstruktif. 

"Di situ laporannya, langsung saja ditindaklanjuti kalau memang ada beberapa hal yang berkaitan dengan pemeriksaan ini," sebutnya.

Pertemuan ini, lanjutnya, merupakan tindak lanjut dari pertemuan dua minggu lalu, yang secara nasional pimpinan BPK RI telah melakukan kick off atau melaksanakan pembukaan secara resmi untuk pemeriksaan keuangan di 2 kementerian dan 16 pemerintah provinsi di Pulau Jawa dan Sumatera.

Masih kata Eydu, dalam pemeriksaan interim nantinya para OPD menjelaskan yang telah dikelola selama satu tahun.

"Jadi ini rutin. Apa yang telah dikelola, dilaksanakan, dipertanggungjawabkan. Jadi itu yang akan kami periksa," tutur Eydu.

Kegiatan diisi dengan tanya jawab yang dipandu Kepala Inspektorat Kota Pematangsiantar Herri Okstarizal SH.

Hadir pada acara ini, Penanggungjawab Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Sumut Ramzuhri, Wakil Penanggungjawab Rim Joseph Sinaga, Pengendali Teknis Tim Iskandar Usman, Ketua Tim Yogie Satria Yudha, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, camat, Direktur RSUD dr Djasamen Saragih, dan para direksi perusahaan daerah. 

(Gb-ribka05)