Notification

×

Iklan

Iklan

Wali Kota Hadiri Perayaan Natal Oikumene Kota Siantar di Aula Universitas HKBP Nommensen

26 Des 2023 | 22:11 WIB Last Updated 2023-12-26T16:25:21Z


GREENBERITA.com- Ribuan warga jemaat menyambut gembira kehadiran Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA di Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar Tahun 2023. 


Perayaan Natal Oikumene digelar di Aula Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar, Jalan Sangnaualuh Damanik Pematang Siantar, Selasa (26/12/2023).


Dalam sambutannya, dr Susanti menyampaikan Kota Pematang Siantar merupakan kota multikultural. Keberagaman, kemajemukan, dan kbhinekaan menjadi pilar yang memperkuat dan memajukan Kota Pematang Siantar dengan pesat. 


"Dalam keberagaman itu, kita menemukan kekayaan nilai, tradisi, dan cerita hidup yang beragam," sebut dr Susanti.


Di Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar Tahun 2023 ini, kata dr Susanti, semua diundang untuk merenungkan kembali kasih karunia Tuhan yang seharusnya memampukan untuk berkomitmen mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri, meskipun memiliki latar belakang sosial, pendidikan, suku, dan budaya yang berbeda.


Menurut dr Susanti, Natal memberi kesempatan untuk mengenali dan menghormati perbedaan, untuk memahami keunikan setiap individu dan komunitas merupakan bagian dari warna-warni kehidupan.


Keberagaman, lanjut dr Susanti, merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga harus disikapi dengan penuh rasa syukur dan diimbangi oleh perbuatan positif. Ketika menghormati perbedaan dan menerima satu sama lain, akan membangun pondasi yang kokoh untuk masyarakat yang harmonis dan damai. 


"Pemerintah Kota Pematang Siantar dalam hal ini memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga kemajemukan. Sehingga Pematang Siantar menjadi kota yang toleran, inklusif, dan penuh cinta kasih," tutur dr Susanti.


Pada kesempatan tersebut, dr Susanti berharap agar seluruh komponen masyarakat bergandengan tangan dalam memelihara nilai keberagaman dan kebhinekaan. Dengan demikian menjadi modal utama dalam menatap masa depan dengan penuh harapan dan optimisme, demi mewujudkan Pematang Siantar yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.


dr Susanti juga turut menegaskan Pemko Pematang Siantar memberi perhatian penuh kepada kegiatan-kegiatan yang meningkatkan nilai keagamaan, seperti Perayaan Natal Oikumene tersebut. 


"Atas nama masyarakat dan Pemko Pematang Siantar, saya mengucapkan Selamat Natal kepada kita semua. Semoga perayaan Natal ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani yang merayakannya," ucap dr Susanti.  


Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar, Astronout Nainggolan dalam laporannya menyampaikan perayaan Natal tahun ini dilaksanakan dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti pasar murah, lomba menghias pohon Natal dari barang bekas, serta pemberian tali asih kepada panti asuhan dan panti jompo yang berada di Kota Pematang Siantar.


"Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari Pemko Pematang Siantar, terkhusus buat wali kota, para sponsorship, dan donatur sehingga Perayaan Natal Oikumene ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," tutup Astronout yang juga anggota DPRD Kota Pematang Siantar tersebut. 


Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Siantar Timbul Marganda Lingga SH dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan anggota DPRD Baren Alijoyo Purba menyampaikan, bagi umat Kristen, Natal merupakan peristiwa sukacita karena Hari natal memperingati hari lahirnya Yesus Kristus. 


"Kedamaian adalah suasana, di mana semua kita merasa aman, di mana kita tidak merasa takut, di mana kita merasa tenang dan tenteram. Damai juga merupakan situasi yang diidamkan oleh semua insan manusia, karena dalam kedamaian kita mendapatkan kesejahteraan batin," sebut Timbul Lingga dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Baren Alijoyo Purba.


Perayaan Natal Oikumene Kota Pematang Siantar Tahun 2023 ini diisi dengan penyerahan tali asih secara simbolis kepada panti asuhan dan panti jompo serta penampilan para talent muda berbakat.


Turut hadir, tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut) Parlindungan Purba, sejumlah Unsur Forkopimda, para pimpinan gereja, dan pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar. 


(Gb-Alek03)