Notification

×

Iklan

Iklan

Eks Dirut PTPN dan Tokoh Masyarakat Batak, Ir JP Sitanggang Meninggal Dunia, Ini Jadwal Acara Adatnya

31 Des 2023 | 15:39 WIB Last Updated 2023-12-31T15:32:26Z

 


Almarhum Ir JP Sitanggang (Op Aditya Doli) bersama Istri tercinta Op Aditya Boru Naibaho ketika berbincang dengan Greenberita (4/6/2021) lalu.


GREENBERITA.com- Eks Direktur Utama PTPN VI Pabatu Tebing Tinggi yang juga Tokoh Masyarakat Batak di Indonesia, Ir JP Sitanggang Meninggal Dunia pada usia 85 tahun, Jumat 29 Desember 2023 di RS Elizabeth Medan. 


Sosok tokoh yang sering disapa Oppung Aditya Doli ini merupakan tokoh Adat Masyarakat Batak di Indonesia dan puluhan tahun menjabat sebagai Ketua Raja Sitempang se-Indonesia.


Ir JP Sitanggang yang beristri kan boru Naibaho ini merupakan seorang sarjana pertanian pertama dari Samosir dan dianggap sebagai tokoh sukses orang Batak di dunia perkebunan Indonesia. 


Pada masa ketika putra Batak khususnya asal Samosir jarang duduk di top management PTPN, namun Ir JP Sitanggang berhasil memuncaki posisi direktur di beberapa tempat.


Jon Piter Sitanggang dikenal tegas, jujur dan berintegritas baik ketika bekerja maupun dalam kehidupan sosialnya.


Saat ini, Minggu 31 Desember 2023, jenazah Ir JP Sitanggang  disemayamkan di rumah duka Jalan Sei Bahorok Medan, selanjutnya pada Minggu Sore akan dilanjutkan acara berpamitan kepada Dongan Sahuta serta para sahabat di Kota Medan. 


"Pada Senin, 1 Januari 2024 sekira pukul 08 Wib jenazah akan dibawa ke Samosir untuk acara adat dan penguburan," ujar kerabat dekat keluarga, Sintua Robinson Sinaga, SE. 


Menurut rencana, acara adat akan digelar pada Rabu, 3 Januari 2024 di Buhit, Parlondut, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir


"Sebelumnya pada Selasa, 02 Januari 2024 akan diadakan acara Martonggo Raja mulai pukul 14 Wib," ujar St Robinson Sinaga yang biasa disapa Amani Pagar ini. 


Pada masa hidupnya, tercatat Ir JP Sitanggang dengan sukarela memberikan tanahnya untuk dibangun Gereja GKPI Buhit serta rumah untuk rumah dinas pendeta. 


Dan yang terakhir, Ir JP Sitanggang juga memberikan tanahnya yang bersertifikat Hak Milik untuk dijadikan lokasi pendirian Tugu Raja Sitanggang Se-dunia. 


"Ini adalah sebuah kehormatan dan kebanggaan kepada seluruh pomparan Raja Sitanggang di mana pun berada, sikap mulia hati Ir JP Sitanggang menjadi contoh bagi seluruh kita," ujar Ketua Ketua Pomparan Raja Sitanggang dohot Boruna se-Indonesia, St Mangasi Sitanggang, SE. 


Berikut adalah tayangan podcast pada YouTube GreenberitaTv Channel semasa hidup Almarhum Ir JP Sitanggang:



(Gb-fetndt01)