Notification

×

Iklan

Iklan

Sejumlah Kades Ngaku Diperas Jutaan Rupiah, APDESI Samosir Minta Polisi Tangkap Pelaku

8 Nov 2023 | 18:59 WIB Last Updated 2023-11-10T11:37:18Z

 


GREENBERITA.com- Asosiasi Pemerintah Desa atau APDESI se-Kabupaten Samosir menyampaikan keprihatinannya atas terjadinya dugaan pemerasan terhadap 3 kepala desa di Kabupaten Samosir oleh oknum LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) atau yang mengatasnamakan media pers yang meminta uang jutaan rupiah melalui transfer sampai beberapa kali kepada sang kades tersebut.


Pernyataan itu disampaikan oleh para kepala desa se-kabupaten Samosir melalui Ketua APDESI Kabupaten Samosir Raja Sondang Simarmata pada Konferensi Pers di Taman Sitolu Hae Horbo, Pangururan, Rabu, 8 November 2023.


"Hari ini kami menyampaikan apa yang kami rasakan yaitu keprihatinan terhadap dugaan pemerasan terhadap kepala desa yang selama ini telah berjuang untuk membangun desa kita masing-masing," ujar Raja Sondang Simarmata.


Menurutnya, sebagai sesama pamong desa di Kabupaten Samosir, Apdesi merasa senasib sepenanggungan ketika musibah pemerasan oleh oknum LSM atau yang mengaku mengatasnamakan media pers di Samosir.


"Kita sungguh miris, ternyata ada beberapa bukan hanya satu mengalami tindakan yang tidak menyenangkan, bisa kita bayangkan di satu sisi kita sebagai kepala desa sangat terbuka kepada pihak manapun yang punya niatan baik untuk membangun desa termasuk kepada rekan media dan pihak-pihak lainnya tapi perlakuan dugaan pemerasan terhadap kepala desa, dan saat ini foto dokumentasi dan bukti transfer kita sajikan kepada teman teman jurnalis," tegas Raja Sondang Simarmata.


"Kami sangat menyayangkan kejadian ini dan kami juga mohon kepada seluruh pihak  untuk segera atau menindaklanjutinya dan kami juga sudah memasukkan laporan ke Polda Sumatera Utara supaya ini langsung ditutup serta sampai ke akar-akarnya karena berdasarkan laporan kami bukan hanya satu orang tapi ada beberapa dan untuk itu kami berharap kerja sama dari semua," tegas Raja Simarmata yang dihadiri oleh seluruh pengurus Apdesi Samosir.


Bagaimana pernyataan lengkap konferensi pers ini, simak pada tayangan YouTube GreenberitaTv Channel berikut ini,