Notification

×

Iklan

Iklan

Bantu Korban Banjir Bandang ke Desa Siparmahan, Partai Golkar: Periksa Izin Penebangan dan Somil

22 Nov 2023 | 17:57 WIB Last Updated 2023-11-22T11:06:13Z

 

DPD II Partai Golkar Kabupaten Samosir menyalurkan bantuan sembako dan alat mandi serta sejumlah uang tunai kepada warga Desa Siparmahan, Kecamatan Harian, Selasa (21/11/2023)


GREENBERITA.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Samosir menyalurkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang secara langsung ke Desa Siparmahan, Kenegrian Sihotang Kecamatan Harian pada Selasa, 21 November 2023.


Adapun bantuan yang diberikan berupa sembako, alat mandi dan kebutuhan sehari hari serta sejumlah uang tunai yang diberikan secara spontan oleh Ketua Partai Golkar Sumatera Utara Musa Rajekshah yang disalurkan oleh pengurus Partai Golkar Samosir.


Usai menyalurkan bantuannya Ketua Partai Golkar Samosir Rosinta Sitanggang mengatakan keprihatinannya dengan keadaan yang terjadi kepada masyarakat kecamatan Harian dan berupa bantuan akan diberikan berkesinambungan serta akan berkunjung lagi membantu apapun yang bisa diberikan kepada masyarakat.



"Kedepannya, kami berharap Pemerintah Kabupaten Samosir agar bencana ini tidak terulang lagi, dan kepada yang namanya penebangan yang namanya perusakan lingkungan, kita sama-sama bertanggung jawab lah, tidak menuduh tapi harus kesadaran sendiri untuk memperbaiki bahwa kita cinta dengan lingkungan kita," ujar Rosinta Sitanggang.


Anggota DPRD Samosir 2004 - 2019 ini juga berharap tidak ada lagi korban jiwa masyarakat Samosir karena banjir bandang akibat dari penebangan penebangan liar atau apapun namanya itu.


"Pemerintah harus bekerja keras, apa itu namanya izin, apa segala macam itu perlu diselidiki di mana itu kejadian seperti apa, harus diperbaiki ke depan, kita berharap ini seperti izin izin penebangan yang ada di desa ataupun nama yang somil somil disana, semuanya itu harus juga bertanggung jawab, jangan hanya menebangi saja tahu tetapi mereka tidak memberikan tanggungjawab apa yang ditebangnya, tanam lagi kembali dan itulah bukti kecintaan kita kepada masyarakat kita, Partai Golkar akan bersuara untuk itu," tegas Rosinta Sitanggang.


Senada, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Samosir Jonny Sagala mengamini pernyataan Ketua Partai Golkar Samosir Rosinta Sitanggang.


 "Bukan karena ini Dapil saya, tapi sebagai kepedulian sesama manusia, Partai Golkar dimanapun bencana baik di Taput atau Humbang kita sepakat saling membantu, bahwa sebagai manusia wajib kita saling membantu dan sebagai tanggung jawab," ujar Jonny Sagala.


Sebagai Anggota Komisi III DPRD Samosir, dirinya berjanji akan berusaha semaksimal membantu walaupun anggaran APBD Samosir terbatas.


"Masih ada provinsi, kementerian dan lainnya, kita akan sepakat dengan masyarakat akan kita coba dengan lobi-lobi politik dan lain yang bisa kita lakukan supaya penanganan di Kenegrian Sihotang dan umumnya di Kabupaten Samosir yang terjadi bencana secepatnya bisa kita tangani dengan semaksimal mungkin," tegas Jonny Sagala.


Dirinya akan mendorong penangganan dengan alat berat ditambah dengan koordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Samosir dan badan sungai kementerian PUPR.


Sementara itu, Masyarakat Desa Siparmahan melalui Kepala Dusunnya Ronal Sihotang memberikan apresiasi atas kepedulian Partai Golkar yang langsung datang ke Desa Siparmahan memberikan bantuan.


"Kita apresiasi kepedulian dari Partai Golkar sungguh luar biasa tapi ya mudah-mudahan selanjutnya apa yang dijanjikan Partai Golkar tadi untuk melaksanakan yang kita yang Bapak bilang tadi ya mudah-mudahan terlaksana kami sangat menerima apa yang di sampaikan tadi agar masyarakat biar bersatu, biar nggak ada nanti jadi was-was selalu ada disini kalau datang hujan agak besar," jelasnya Kadus Desa Siparmahan Ronal Sihotang.


Pengurus Partai Golkar Samosir yang juga dihadiri Hotria Gurning SP dan Ika Samosir tampak mengunjungi lokasi kejadian yaitu hancurnya 2 rumah yang salah satunya adalah korban jiwa meninggal dunia.



(Gb-Ferndt01)