Notification

×

Iklan

Iklan

Usai Mediasi, PLN Bersihkan Tanaman Warga di Jalur T/L 70 kV Gunung Sitoli-Teluk Dalam

12 Sep 2023 | 20:56 WIB Last Updated 2023-09-13T03:32:47Z

 


Melibatkan TNI-Polri, PLN UP3 membersihkan tanaman masyarakat di jalur T/L 70kV Gunung Sitoli-Teluk Dalam/foto : ist

GREENBERITA.com-Teluk Dalam || PLN melalui UPP SBU3 akhirnya berhasil membersihkan seluruh tanaman warga di bawah jalur T/L 70 kV Gunung Sitoli-Teluk Dalam usai proses mediasi permasalahan sosial yang difasilitasi Kejaksaan Negeri Nias Selatan dikantornya, Kamis (7/9/2023).

Selain dihadiri Asisten Manager Perizinan dan Umum PLN UPP SBU 3 Enri  Siahaan, mediasi itu turut dihadiri TL Perizinan & Pertanahan PLN UPP Sumbagut 3 Alexander J. Sihite, Staf UPP SBU 3 Ardiansyah P. Hutagalung, Manager ULTG Nias Ernest G. Malau dan TL Jaringan ULTG Nias Rio C. Siregar.

Sedangkan dari stakeholder, di samping Kajari Nisel Dr. Rabani M. Halawa SH, MH, hadir juga Kasi Datun Yaatulo Hulu SH, Kasubsi Penyidikan Aries P Zebua SH, Kasubsi Datun Yafila Kania Irianto SH, JPN Julian Issac Parinussa SH, Dan Unit Intel Kodim 0213 Nias.Letda Cpl Sahril Damanik, Camat Lahusa Sokhiso Baene serta Kades Sinarbaru Sidarodaro Kebenaran Ama Zihono.

Dalam mediasi itu, Kajari Nisel Dr. Rabani M. Halawa SH, MH menjelaskan bahwa
mediasi dengan masyarakati ini merupakan tindak lanjut sebahagian ekspose.

"Kemarin ada sekitar 12 persil pemilik lahan dan 25 orang yang menghalangi PLN untuk membersihkan tanaman yang sudah kritis mendekati jaringan. Lalu dilaksanakan mediasi dengan masyarakat di Kantor Kejari Nias Selatan terkait sanggahan jalur T/L 70 kV Gunung Sitoli - Teluk Dalam," terangnya.

Dalam mediasi yang turut menunjukkan bukti-bukti administrasi pembayaran dan memberikan pandangan, masyarakat berjanji tidak akan lagi menghalang-halangi.

Terpisah, GM PLB UIP SBU Hening Kyat Pamungkas mengucapkan terima kasih kepada Kejari Nisel yang telah memfasilitasi mediasi sehingga masyarakat memahami akan pentingnya pemeliharaan jaringan untuk keandalan kelistrikan di Pulau Nias khususnya di Teluk Dalam.

"Kami tentunya juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memahami tugas PLN dan mengijinkan petugas PLN masuk ke lokasi tower untuk melakukan pemeliharaan  jaringan transmisi  SUTT 70 kV Gunung Sitoli - Teluk Dalam. Dan Alhamdulillah tanaman yang kritis dekat dengan jaringan kemarin sudah dieksekusi," terang Hening, Selasa (12/9/2023). (Aa)