Notification

×

Iklan

Iklan

Partai Golkar dan PSI jadi Parpol Tertinggi Keterwakilan Perempuan pada DCS KPU Samosir

22 Agu 2023 | 14:23 WIB Last Updated 2023-08-22T07:23:38Z


GREENBERITA.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samosir telah mengumumkan Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPRD Samosir pada Pemilu 2024 nanti, pada 19 Agustus 2023 lalu.


Pada pengumuman DCS KPU Samosir tersebut, ada 186 calon legislatif yang didaftarkan oleh 16 partai politik yang ada di Kabupaten Samosir.


Dari rekapitulasi DCS Anggota DPRD Samosir dalam hal pemenuhan keterwakilan perempuan, ternyata Partai Golkar dan Partai PSI menempati urutan tertinggi pertama dan kedua.


Partai Golkar dengan keterwakilan perempuan 9 orang yaitu 41 persen dan Partai PSI sejumlah 5 orang yaitu 56 persen. Berikut perincian lengkapnya:



Jumlah Pendaftar Anggota DPRD Samosir yang Aktif


Sementara itu, dari 186 calon legislatif tersebut, ada 22 dari 25 Anggota DPRD Samosir yang aktif terdaftar dalam DCS tersebut. Adapun tiga nama yang tidak mendaftar untuk Calon Anggota DPRD Samosir adalah Numerita Sitorus dari Partai Gerindra, Jonner Simbolon dari Partai NasDem dan Sorta Siahaan dari PDI-P.


Ketika Greenberita melakukan konfirmasi kepada Jonner Simbolon, mengatakan bahwa dirinya mengalami kehilangan beberapa dokumen sehingga tidak dapat didaftarkan oleh partai nya ketika itu.


"Ketika pendaftaran lalu, ada beberapa dokumen saya yang hilang sehingga tidak memungkinkan partai saya mendaftarkan nya ketika itu, namun menuju DPT ini bila ada yang tidak memenuhi syarat berdasarkan tanggapan masyarakat atau ada yang mengundurkan diri, saya siap untuk didaftarkan partai kembali," jelas Jonner Simbolon.


Sementara itu, Numerita Sitorus mengatakan alasan dirinya tidak mendaftar kembali adalah masalah kesehatan dirinya yang tidak memungkinkan lagi untuk melayani sebagai Anggota DPRD Samosir.


"Namun atas saran dari partai untuk memastikan kursi di dapil saya tetap ada, maka saya diminta untuk mendorong suami yaitu Pak Mangoloi Sinaga untuk maju, dan beliau setuju untuk ikut konstelasi politik dan sudah terdaftar di DCS KPU Samosir," ujar Numerita Sitorus.


Sedangkan Sorta Siahaan yang saat ini menjabat Ketua DPRD Samosir diketahui telah terdaftar dalam DCS KPU Provinsi Sumatera Utara sebagai calon Anggota DPRD Sumut.


Menurut rencana sesuai tahapan KPU, Daftar Calon Tetap (DCT)akan diumumkan pada 4 November 2023 nanti.


(Gb-Ferndt01)